Error analysis of abstracts of bachelor thesis written by eed students of umk

HIDAYATI, ALFINA (2023) Error analysis of abstracts of bachelor thesis written by eed students of umk. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
7. BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Mahasiswa harus melakukan penelitian dan kemudian menulis laporan penelitian dalam bentuk tesis sarjana untuk mendapatkan gelar sarjana mereka. Setiap skripsi berisi abstrak sebagai perwakilan isinya. Beberapa mahasiswa masih melakukan kesalahan dalam penulisan abstrak skripsi sarjananya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan abstrak skripsi yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMK, juga mengapa kesalahan tersebut terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus, menggunakan dokumentasi pada 57 dokumen abstrak skripsi yang ditulis oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMK. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sebagai metode analisis data. Penelitian ini mengungkapkan bahwa banyak terjadi kesalahan pada beberapa aspek kesalahan gramatikal dan kesalahan substansi yang terdapat pada abstrak skripsi yang ditulis oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMK. Peneliti menemukan bahwa kesalahan tata bahasa adalah 321. Aspek artikel angka tertinggi yaitu 139 (43,31%), kata kerja 95 kesalahan (29,60%), kata benda 44 kesalahan (13,71%), preposisi 28 kesalahan (8,72%), possession 9 kesalahan (2,80%), kata ganti 3 kesalahan (0,93%), kata keterangan 2 kesalahan (0,62 %), dan kata sifat 1 kesalahan (0,31%). Sedangkan kesalahan substansi, temuan menunjukkan bahwa ada 133 kesalahan yang ditemukan dalam beberapa aspek. Yang tertinggi adalah dari aspek tanda baca, yang jumlah kesalahannya 85 (63,91%). Kesalahan pada aspek salah eja, yaitu 33 kesalahan (24,81%), dan yang terendah berasal dari aspek kapitalisasi, yaitu 15 kesalahan (11,28%). Kesalahan tata bahasa dan substansi terjadi karena beberapa faktor. Faktor utamanya adalah gangguan bahasa pertama, lalu kecerobohan, dan yang terakhir adalah terjemahan. Peneliti menyimpulkan bahwa semua aspek kesalahan tata bahasa dan kesalahan substansi ditemukan dalam abstrak skripsi yang ditulis oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UMK, dan penyebab kesalahan tersebut terkait dengan gangguan bahasa pertama, kecerobohan, dan terjemahan. Peneliti menyarankan agar mahasiswa menulis lebih akurat untuk menghindari kesalahan dalam menulis, terutama dalam penulisan akademik. Bagi para dosen, peneliti menyarankan untuk memberikan latihan kepada mahasiswa di kelas penulisan akademik. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian serupa dalam topik ini, dapat mengisi celah dan kelemahan penelitian ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Muh Syafei, M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Kesalahan Tata Bahasa, Kesalahan Substansi, Abstrak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 19:21
Last Modified: 23 Jul 2023 19:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item View Item