The use of storybook to teach reading for young learners

SALSABIELA, ADIVA (2023) The use of storybook to teach reading for young learners. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
APENDECES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris mencakup pengajaran empat keterampilan, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Siswa perlu menguasai keterampilan tersebut untuk belajar bahasa Inggris secara efektif. Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan untuk memahami secara detail. Kata demi kata dan kalimat demi kalimat. Membaca adalah proses menebak yang konstan, dan apa yang dibawa seseorang ke dalam teks seringkali lebih kritis daripada apa yang ditemukan di dalamnya (Hastowadi, 2015). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan buku cerita sebelum dan sesudah mengajar membaca bagi remaja di SDN 6 Tanjungrejo. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan menggunakan pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas VI SD 6 Tanjungrejo. Jenis soal pretest dan postest menggunakan 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita efektif untuk pembelajaran membaca di kelas enam SD 6 Tanjungrejo. Dalam penelitian ini melakukan pretest, 4 kali treatment, dan posttest. Rata-rata sebelum diajar menggunakan buku cerita adalah 47. Sedangkan rata-rata siswa setelah diajar menggunakan buku cerita adalah 71. Dari perhitungan uji Wilcoxon Signed Ranks menggunakan SPSS (Spired Data) membandingkan antara nilai Sig dan Alpha yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah asymp nilai. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca pretest dan posttest yang diajar dengan menggunakan buku cerita.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Drs. Achmad Hilal Madjdi, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Rusiana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Storybook, Young Learners , Reading Ability
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 19:47
Last Modified: 23 Jul 2023 19:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18787

Actions (login required)

View Item View Item