Puspa Ardianti, Fatiha Dyah (2023) Error analysis on the use of passive voice in the introduction chapter of undergraduate students’ theses of english education department of universitas muria kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL (ganti).pdf - Published Version Download (947kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (533kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (ganti).pdf - Published Version Download (431kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (ganti).pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Bagi mahasiswa S1, khususnya yang sedang menulis skripsi, kemampuan menulis wacana ilmiah sangatlah penting. Menulis skripsi yang memadai berarti memaksimalkan kualitas skripsi dengan mempertimbangkan fitur bahasa. Salah satu fitur bahasa adalah struktur kalimat. Selain itu, kalimat pasig (passive voice) adalah salah satu struktur kalimat tata bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesalahan kalimat pasif dan yang paling dominan dalam bab pengantar skripsi mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis mengambil 30 sampel bab pengantar skripsi mahasiswa sarjana dari tahun akademik 2019 program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus sebagai sampel yang dituju. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Selanjutnya, penulis menganalisis data dan mengelompokkannya menjadi lima jenis kesalahan; kesalahan struktur, makna, penghilangan agen, diksi dan tenses. Selanjutnya, temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 55 kesalahan dalam kalimat pasif; 53 kesalahan (96%) merupakan kesalahan struktur, 1 kesalahan (2%) merupakan kesalahan makna, dan 1 kesalahan (2%) merupakan kesalahan tenses. Sebagai kesimpulan, temuan menunjukkan bahwa terdapat kesalahan dalam penggunaan kalimat pasif pada bab pengantar tesis mahasiswa. Kesalahan paling umum dalam penggunaan kalimat pasif pada bab pendahuluan di kalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dalam skripsi mereka adalah pada struktur kalimat suara pasif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Drs. Muh. Syafei, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Dr. Diah Kurniato, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Passive Voice, Error, Theses, Introduction Chapter. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 20:14 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 20:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18791 |
Actions (login required)
View Item |