Peningkatan pemahaman konsep melalui model project based learning berbantuan media box denah pada siswa kelas iii sekolah dasar

Candrasari, Desma (2023) Peningkatan pemahaman konsep melalui model project based learning berbantuan media box denah pada siswa kelas iii sekolah dasar. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Peningkatan pemahaman konsep melalui model Projecet Based Learning berbantuan media box denah pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Ditemukan rendahnya pemahaman konsep siswa dari 70% dari 10 siswa kelas III SD 5 Klumpit. Peneliti menerapkan model Project Based Learning berbantuan media box denah untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas III, keterampilan guru, dan bagaimana penerapannya dalam meningkatkan pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, keterampilan guru, dan mendeskripsikan penarapan model Project Based Learning berbantuan media box denah pada siswa kelas III SD 5 Klumpit. Pemahaman konsep merupakan landasan pertama yang harus dimiliki siswa setelah proses transfer ilmu dengan empat indikator yang harus siswa capai. Model Project Based Learning ialah model pembelajaran untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan melalui karya atau proyek. Media box denah adalah alat bantu untuk mempermudah dan memberikan gambaran nyata dalam menyampaikan ilmu kepada siswa. Penelitian dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas ini diterapkan di kelas III SD 5 Klumpit dengan subjek penelitian 10 siswa. Penelitian dengan 2 siklus sebanyak 4 pertemuan yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti ialah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif dengan teknik traingulasi isi serta kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dengan penerapan model Project Based Learning berbantuan media box denah dapat menunjukkan peningkatan (1) kemampuan pemahaman konsep siswa dengan perolehan rata-rata 77,25% pada siklus I dengan persentase ketuntasan 70% menjadi 96,75% pada siklus II dengan persentase ketuntasan 100%; (2) keterampilan guru dengan rata-rata pertemuan 1 88,85% menjadi 90,63% pada pertemuan 2, 93,31% pada pertemuan 3, dan 94,65% pada pertemuan 4; (3) menerapkan model PjBL yang terdiri dari 5 sintaks berbantuan media box denah pada hasil wawancara menunjukkan keberhasilan dalam penerapannya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa dengan penerapan model Project Based Learning berbantuan media box denah dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan guru. Saran dalam penelitian ini ialah agar siswa lebih aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, guru mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik siswa, dan dengan hasil penelitian ini diharapkan mampu dijadikan referensi untuk kedepannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Ika Ari Pratiwi,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Sekar Dwi Ardianti,M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Project Based Learning, Box Denah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 20:56
Last Modified: 23 Jul 2023 20:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item View Item