Ica Apriliyani, Putri (2023) Implementasi penggunaan media pembelajaran augmented reality dalam tema 9 menjelajahi ruang angkasa Di sd negeri 3 jambu. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (608kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (318kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (338kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep yang menyebabkan hasil belajar IPA dan Bahasa Indonesia siswa masih standart dengan nilai KKM. Maka perlu dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui perbedaan rata-rata skor pretest posttest, peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 3 Jambu, dan efektivitasimplementasi media pembelajaran Augmented Reality pada pembelajaran tematik tema 9 subtema 1. Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya 2D dan 3D ke dalam sebuah lingkungan nyata 3D lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Hal ini memungkinkan ARdigunakan sebagai alat untuk membantu pengguna berinteraksi dengan dunia nyata. Tema 9 menjelajahi ruang angkasa subtema 1 keteraturan yang menakjubkan ini menjelaskan materi mengenai galaksi dan sistem tata surya, pengaruh rotasi dan revolusi bumi, serta cerita fiksi yang disajikan dalam bentuk modul, di dalamnya terdapat scan barcode QR berisi media pembelajaran augmented reality. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental yang dilaksanakan di kelas VI. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Jambu. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain the one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan uraian untuk mengukur seberapa jauh hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test, uji N-Gain, uji independent sample t-test. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest. Hasil uji N-Gain peningkatan hasil belajar siswa memiliki rata-rata 57,37% yang dikategorikan N-Gain Score “meningkat”. Hasil uji independent sample t-test untuk tingkat keefektifan menurut data tersebut mendapat nilai ES 2,110 yang artinya dikategorikan “tinggi”. Simpulan penelitian ini adalah implementasi penggunaan media pembelajaran Augmented Realitydapat meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif jika digunakan dalam proses pembelajaran
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Fina Fakhriyah,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Sekar Dwi Ardianti,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Augmented Reality,Hasil Belajar, Implementasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 22:07 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 22:07 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18809 |
Actions (login required)
View Item |