Implementasi model auditory intellectually repetition Berbantuan media geoboard batik untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa kelas iv sd

Nor Aini, Fithroh (2023) Implementasi model auditory intellectually repetition Berbantuan media geoboard batik untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa kelas iv sd. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Sebuah pendidikan tidak dapat terlepas oleh pelajaran matematika, dikarenakan pelajaran matematika mempunyai peran yang sangat penting untuk memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan masyarakat. Peran matematika didalam pemecahan masalah, membuat kemampuan memecahkan permasalahan matematika menjadikan hal itu penting untuk dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas IV SD 4 Honggosoco dengan menarapkan model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Geoboard batik. Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ialah ragam dari pembelajaran kooperatif yang memfokuskan kepada 3 aspek yaitu Auditory (Mendengar), Intellectually (Berpikir), dan Repetition (Pengulangan). Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematis ialah upaya yang dilaksanakan oleh siswa dalam memakai pengetahuan dan keterampilannya untuk menemukan solusi dari permasalahan matematika. Media geoboard atau papan berpaku yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep geometri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa pada kelas IV SD 4 Honggosoco Jekulo Kudus. Berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 6 siswa laki laki. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yang meliputi ketuntasan belajar siswa dan analisis data kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa implementasi model Auditory Intellectually Repetition berbantuan media Geoboard batik mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, peningkatan tersebut diperoleh dari nilai pra penelitian yang mendapatkan presentase rata-rata 38,7%, kemudian setelah pemberian tindakan pada siklus I mendapatkan presentase rata-rata 65,5%, dan pada siklus II mendapatkan presentase rata-rata 76,5%. Dari hasil penelitian yang telah berhasil dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 4 Honggosoco, untuk itu bisa ditarik kesimpulan bahwa implementasi model Auditory Intellectually Repetition berbantuan media geoboard batik telah berhasil meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yang telah mencapai indikator keberhasilan yang sudah ditentukan sebelumnya. Model ini juga bisa diterapkan dalam pembelajaran lainnya bukan hanya pada matematika saja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :F.Shoufika Hilyana,SSi.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Savitri Wanabuliandari,M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Media Geoboard
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 22:22
Last Modified: 23 Jul 2023 22:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item