Penerapan layanan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi perilaku membolos siswa kelas viii smp terpadu akn marzuqi

Rafna Vibrianti, Sari (2023) Penerapan layanan konseling behavioristik dengan teknik self management untuk mengatasi perilaku membolos siswa kelas viii smp terpadu akn marzuqi. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami seringnya membolos. 2) Untuk mengatasi perilaku membolos siswa dengan menerapkan konseling behavioristic dengan teknik self management pada siswa SMP Terpadu AKN Marzuqi. Perilaku membolos merupakan tindakan yang tidak disetujui oleh sekolah, biasanya tanpa diketahui oleh orang tua. Tindakan membolos sekolah menjadi suatu hal yang dikedepankan sebagai jawaban atas kejenuhan yang sering di alami siswa terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pada akhirnya membolos menjadi fenomena yang menghambat proses pembelajaran siswa. Membolos merupakan hal yang disengaja oleh siswa yang sering terjadi pada sekolah menengah pertama (SMP) atau siswa sekolah menengah atas (SMA). Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif yang dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu AAP dan SK. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah 1) wawancara, 2) observasi, 3) dokumentasi. Peneliti menggunakan Purposive sampling sebagai pengambilan sampel untuk subjek penelitian dua siswa yang sering melakukan perilaku membolos Konseling Behavioristik merupakan proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh konselor kepada klien melalui wawancara konseling dengan pendekatan behavioral pada teratasinya masalah klien pada dasarnya tingkah laku diarahkan pada tujuan-tujuan tingkah laku baru. Teknik konseling yang digunakan dalam mengatasi perilaku membolos dalam konseling behavior adalah teknik self management merupakan salah satu teknik dalam konseling behavior yang mempelajari tingkah laku (individu manusia) yang bertujuan merubah perilaku maladaptif menjadi adaptif. Hasil penelitian ini bahwa proses konseling behavioristik di SMP AKN sudah mampu mengubah perilakunya yang maladaptif menjadi adaptif sehingga konseli berkeinginan mempertahankan dan terus melakukan perubahan tingkah laku yang lebih baik yakni rajin dan semangat dalam belajar dan tidak membolos lagi, dapat berkonsentrasi dengan baik, bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan dapat mengungkapkan pendapat saat pembelajaran dikelas. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioristik dengan teknik self management dalam mengatasi perilaku membolos siswa dikatakan sangat efektif. Dalam hal ini peneliti berharap agar siswa dapat mempertahankan perilaku yang sering membolos dapat diubahnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Drs.Arista Kiswantoro,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Nur Mahardika,S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Konseling Behavioristik, Teknik Self Management, Mengatasi Perilaku Membolos Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 19:21
Last Modified: 23 Aug 2023 20:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18820

Actions (login required)

View Item View Item