Rahayu, Yuni (2023) Penerapan konseling behavioristik teknik self-management dalam mengatasi rendahnya etika pergaulan sikap sopan santun siswa kelas viii smp n 4 kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (581kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan tingkat sikap sopan santun siswa dalam etika pergaulan kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus 2. untuk memperoleh penanganan sikap sopan santun siswa dalam etika pergaulan melalui layanan konseling behaviorial dengan teknik self-management untuk kelas VIII SMP Negeri 4 Kudus. Sopan santun merupakan perilaku seseorang yang menjunjung tinggi nilai-nilai menghormati, menghargai, dan berakhlak mulia dan dianggap sebagai tuntunan pergaulan sehari-hari masyarakat. Sikap sopan santun siswa akan selalu beragam. Sebagai peserta didik memiliki sikap sopan santun yang tinggi, dan sebagian lagi ada yang rendah. Peserta didik yang memiliki sikap sopan santun yang tinggi akan senantiasa bersikap sopan santun tanpa di suruh atau di minta. Untuk menangani permasalahan sikap sopan santun dalam mengatasi etika pergaulan yang rendah, peneliti berupaya menerapkan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk mengubah sikap maladaptif menjadi adaptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kudus. Subjek dalam penelitian ini ada 2 siswa yaitu TS dan KA yang mengalami masalah etika pergaulan khusunya sikap sopan santun yang rendah dan berlangsung konseling selama tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa proses pemberian layanan konseling behavioral dengan teknik self-management, konseli mampu mengubah tingkah lakunya yang bermasalah menjadi tingkah laku yang konseli harapkan yaitu siswa dapat mengormati dan menghargai guru, tidak berkata-kata kasar dan kotor, tidak mencela pembicaraan orang lain, mendengarkan nasehat dari guru, dapat bersikap ramah saat berada di lingkungan sekolah, dapat menghargai keputusan dan pendapat dari orang lain. . Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioral dengan teknik self-management dapat menangani sikap sopan santun siswa di SMP Negeri 4 Kudus. Pada penelitian ini, peneliti mengharapkan siswa mampu mempertahankan tingkah lakunya dengan baik sehingga tidak mengalami permasalahan etika pergaulan khususnya sikap sopan santun yang rendah.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Drs.Masturi,MM DOSEN PEBIMBING 2 :Drs.Arista Kiswantoro,M.Pd |
Kata Kunci: | Sopan Santun, Etika Pergaulan, Konseling Behavioral, Teknik Self-Management |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 20:41 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 19:53 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18829 |
Actions (login required)
View Item |