Using web blogs to improve students’ writing skill of the tenth graders of smk sultan fattah demak in academic year 2022/2023

NUR’AINI, ANNISA ARUM (2023) Using web blogs to improve students’ writing skill of the tenth graders of smk sultan fattah demak in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (688kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Menulis teks deskriptif merupakan pelajaran yang sangat penting bagi siswa kelas X SMK Sultan Fattah Demak. Menulis teks deskriptif merupakan bagian dari keterampilan menulis yang harus diperhatikan. Namun proses pembelajaran yang dilakukan di SMK Sultan Fattah Demak adalah pembelajaran yang berpusat pada guru. Sehingga siswa kurang aktif. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berpendapat perlu adanya peningkatan proses pembelajaran pada siswa kelas X SMK Sultan Fattah Demak. Dan penulis mengusulkan untuk menggunakan media web blog agar siswa dapat berperan aktif dan memudahkan siswa untuk memahami dan menulis teks deskriptif dengan jelas. Dan media web blog merupakan salah satu dari beberapa media menulis yang diyakini dapat membantu siswa dalam menulis teks deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa inggris siswa melalui web blog di Kelas X MM SMK Sultan Fattah Demak dan untuk mengetahui respon guru bahasa inggris dan murid setelah adanya web blog di kelas bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, melibatkan 32 siswa kelas X MM, satu guru Bahasa Inggris sebagai pengajar dan peneliti sebagai observer. Data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati proses belajar mengajar selama pelaksanaan tindakan dan mewawancarai siswa dan guru bahasa inggris tentang tindakan yang dilaksanakan. Data kualitatif berbentuk catatan lapangan dan transkrip wawancara. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dengan menilai keterampilan menulis siswa melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif meningkat dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Pada prasiklus rata-rata skor kemampuan menulis siswa adalah 67,63 dan standar deviasinya adalah 10.025, pada siklus I adalah 79,81 dan standar deviasi 9,372 dan pada siklus II adalah 88 dan standar deviasi 7,326. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa penggunaan media weblog dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas X SMK Sultan Fattah Demak tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Diah Kurniati, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Drs, Muh Syafei, M.Pd.
Kata Kunci: Menulis, Teks Deskrptif, Web Blog, Pembelajaran Tindakan Kelas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 20:46
Last Modified: 24 Jul 2023 20:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18831

Actions (login required)

View Item View Item