Layanan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa smp n 1 jepara

Noviana Zahro, Fadya (2023) Layanan konseling behavioral dengan teknik self management untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa smp n 1 jepara. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan tingkat tanggung jawab belajar siswa SMP N 1 Jepara. (2) Untuk diperolehnya peningkatan tanggung jawab belajar siswa melalui layanan konseling behavioral dengan teknik self management di SMP N 1 Jepara. Rasa tanggung jawab juga tidak muncul secara otomatis pada diri seseorang. Penanaman dan pembinaan tangung jawab pada anak hendaknya dilakukan sejak diri agar sikap dan tanggung jawab ini bisa muncul pada diri anak. Tanggung jawab belajar adalah suatu proses dimana seseorang berinteraksi langsung menggunakan semua alat inderanya terhadap objek belajar dan lingkungan melalui pendidikan di sekolah yang menghasilkan perubahan tingkah laku. Untuk mengatasi permasalahan tanggung jawab belajar rendah, peneliti berupaya menerapkan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengubah tingkah laku maladaptif menjadi adaptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus yang dilaksanakan di SMP N 1 Jepara. Subjek dalam penelitian ini ada 2 siswa yaitu FNZ dan VHS yang mengalami masalah tanggung jawab belajar rendah dan berlangsung konseling selama tiga kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa proses pemberian layanan konseling behavioral dengn teknik self management, konseli mampu mengubah tingkah lakunya yang bermasalah menjadi tingkah laku yang konseli harapkan yaitu siswa dapat aktif masuk kelas, siswa dapat memperhatikan guru saat mengajar, siswa dapat bertanggung jawab menyelesaikan tugas, siswa mengumpulkan tugas tepat waktu, dan taat terhadap peraturan sekolah. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling behavioral dengan teknik self management dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa di SMP N 1 Jepara. Pada penelitian ini, peneliti mengharapkan siswa mampu mempertahankan tingkah lakunya dengan baik sehingga tidak mengalami tanggung jawab belajar siswa rendah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Drs.Masturi,MM DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Gudnanto,M.Pd.,Kons
Kata Kunci: Konseling Behavioral, Teknik Self Management, Tanggung Jawab Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 20:54
Last Modified: 23 Aug 2023 19:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18832

Actions (login required)

View Item View Item