Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas iv Sdn 03 robayan

Shofia Maharani, Maulidya (2023) Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas iv Sdn 03 robayan. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 03 Robayan serta untuk menganalisis faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 03 Robayan. Penelitian ini membahas terkait tentang integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS. Pendidikan karakter merupakan upaya untuk menanamkan pada siswa tentang nilai-nilai yang baik, etika, akhlak, dan moral dengan aspek pengetahuan, sikap dan tindakan sehingga siswa mampu berperan dalam kehidupan masyarakat modern. Kemudian pembelajaran IPS adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat. Melalui pembelajaran IPS nilai-nilai pendidikan karakter dapat diterapkan dengan mengintegrasikan dalam pembelajaran IPS tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai karakter yang diintegrasikan ke dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran IPS pada siswa SD. Data penelitian diperoleh dari guru kelas dan siswa kelas IV SDN 03 Robayan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang bertujuan untuk menemukan, mengidentifikasi, mengolah, dan menganalisis dokumen. Setelah dilakukan analisis, hasil dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 03 Robayan yaitu kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada pembelajaran IPS dimulai dari proses perencanaan, pendahuluan, penilaian. Sedangkan guru mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran melalui 3 tahap: kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. (2) faktor penghambat pelaksanaan integrasi pendidikan karakter adalah kurang perhatian dari orang tua, faktor lingkungan tempat tinggal yang tertinggal, dan tidak mudah membimbing siswa yang memiliki karakter berbeda. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana dan fasilitas sekolah yang mendukung. Penelitian ini dukungan orang tua sangat berperan penting untuk mendidik siswa diluar sekolahuntuk menjadikan tujuan mengoptimalkan pendidikan karakter. Dan juga guru mempersiapkan pembelajaran nilai-nilai karakter yang hendak dicantumkan ke dalam RPP dan silabus, dan juga menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi untuk memancing siswa agar lebih aktif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Wawan Shokib Rondli,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Ermawati,M.Pd
Kata Kunci: Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran IPS SD, Integrasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 21:19
Last Modified: 24 Jul 2023 21:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18836

Actions (login required)

View Item View Item