Adi Saputro, Wahyu (2023) Analisis minat belajar matematika siswa kelas vi di sdn karanganyar. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (659kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Minat belajar siswa masih kurang pada mata pelajaran matematika, kurangnya minat belajar mengakibatkan siswa menjadi pasif, tidak tertarik dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika masih belum memuaskan. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI di SDN Karanganyar, (2) untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Minat belajar adalah sebuah dorongan rasa yang bersumber dari diri siswa, dimana rasa keingintahuan yang tinggi dalam belajar mampu berpengaruh dalam kegiatan pembelajaran. Dalam meningkatkan minat belajar, khususnya pada mata pelajaran matematika. Dimana mata pelajaran matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Karanganyar, dengan subjek 3 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, uji konfirmabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman yakni reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) minat belajar siswa masih rendah ditandai dengan Perilaku siswa saat proses pembelajaran matematika siswa kurang antusias, merasa bosan dan kurang senang ketika belajar mata pelajaran matematika. Siswa masih sering asyik sendiri, bercanda dan berbicara dengan temannya saat guru menjelaskan materi. Siswa kurang aktif selama kegiatan belajar. Siswa enggan untuk bertanya siswa kurang antusias untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Faktor internal yang mempengaruhi siswa adalah kecerdasan, perhatian, dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. (2) untuk faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa peneliti simpulkan menjadi dua faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi siswa adalah kecerdasan, perhatian, dan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Faktor internal tersebut yang mempengaruhi minat belajar siswa. Sedangkan faktor eksternal, dipengaruhi oleh sekolah, lingkungan masyarakat dan keluarga. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh pihak terkait untuk memahami dan mengerti mengenai minat belajar siswa yang berbeda-beda, khususnya guru diharapkan dapat memberikan dan mengelola pelajaran yang dapat disesuaikan dengan minat maupun bakat siswa dalam proses belajar. Sehingga kegiatan belajar dapat dikemas dengan cara yang menarik perhatian dan keterlibatan siswa dalam belajar mata pelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Deka Setiawan,M.Pd DOSEN PEMBIMING 2 :Lovika Ardana Rismawari,M.Pd |
Kata Kunci: | Minat Belajar, Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 21:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 21:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18840 |
Actions (login required)
View Item |