Ninda Yuliana, Vika (2023) Implementasi media puzzle gambar menggunakan model pembelajaran take and give untuk meningkatkan minat belajar Siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (785kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (493kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (711kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (585kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Kegiatan pembelajaran yang monoton dan masih menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN Sokopuluhan 02 Pati. Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar, hasil belajar, dan keterampilan mengajar guru menggunakan media puzzle gambar dan model pembelajaran take and give pada mata pelajaran IPA materi cuaca. Media puzzle merupakan media potongan-potongan gambar yang akan disusun utuh yang merupakan peniruan dari benda atau pemandangan. Model pembelajaran Take and Give merupakan model dengan cara menguasai materi melalui kartu, berpasangan dengan temannya dan saling bertukar informasi. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas III SDN Sokopuluhan 02 dengan subjek penelitian 14 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah media puzzle gambar menggunakan model take and give. Sedangkan variabel terikat adalah minat belajar siswa, hasil belajar siswa, dan keterampilan guru sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa, hasil belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Minat belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 65,15% dengan kategori berhasil sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 78,89% dengan kategori berhasil. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni pada siklus I memperoleh persentase 66,96%, sedangkan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 83,92%. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I memperoleh persentase sebesar 87,50%, sedangkan siklus II memperoleh persentase sebesar 92,10% dengan kategori sangat berhasil. Berdasarkan uraian di atas membuktikan bahwa minat belajar siswa dapat ditingkatkan melalui media puzzle gambar dan model pembelajaran take and give pada pembelajaran IPA materi cuaca. Oleh karena itu disarankan untuk pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media puzzle gambar dan model take and give agar minat belajar siswa meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Khamdun,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Siti Masfuah,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Puzzle Gambar, Model Take and Give, Minat Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 20:14 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 20:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18855 |
Actions (login required)
View Item |