Analisis kemampuan awal dalam menggambar pengenalan objek anggota keluarga untuk siswa kelas 1 di sd 1 pasuruhan lor kudus

Adharia, Betha (2023) Analisis kemampuan awal dalam menggambar pengenalan objek anggota keluarga untuk siswa kelas 1 di sd 1 pasuruhan lor kudus. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (846kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Kegiatan yang membentuk citra, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat disebut menggambar. Dan dapat membuat simbol tertentu diatas permukaan dengan mengadaptasi goresan dari alat gambar. Yang disebut penggambar/juru gambar (draftsman) merupakan salah satu bagian pekerjaan dari penggambar. Kebanyakan karyanya dengan cara menggambar yaitu representasi dari ingatan atau imajinasi seorang juru gambar. Hal ini bisa berupa tampilan realistis dalam kehidupan sehari-hari seperti potret, setengah realistis seperti karya-karya sketsa, atau yang benar-benar mementingkan gaya gambar seperti kartun, karikatur, atau gambar abstrak. Alat yang sering digunakan adalah pensil grafit, pena, kuas tinta, pensil warna, crayon, pensil konte, dan spidol. Dapat pula menggunakan peralatan digital seperti stylus, mouse, atau alat lain yang menghasilkan efek sama seperti peralatan manual. Media permukaan yang sering digunakan adalah kertas, meskipun tidak menutup kemungkinan pula digunakannya media lain seperti kain, permukaan kayu, dinding, dan lain-lain. Salah satu peralatan pendukung, digunakan pula penyerut pensil, kertas pasir, penghapus khusus, chamois, penggaris, larutan fixatif, dan selotip khusus menggambar untuk membuat efek-efek tertentu. Meja gambar digunakan untuk mengurangi distorsi dan kesalahan perspektif akibat ketidak normalan posisi mata saat menggambar. Gambar dapat membawa pesan penting karena goresan yang dibuat oleh anak-anak sebenarnya mengandung arti gambar yang perlu dipahami. Yang harus dipahami bahwa menggambar sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan seni dan kreativitas anak, tak sekadar bentuk imajinasi belaka. Semua orang menyukai menggambar, begitupun anak-anak sangatlah menarik perhatian mereka. Anak-anak lebih suka mencoret-coret tembok, karena saat menggambar ditembok, mereka merasa ikut terlibat didalam kisah yang mereka gambarkan. Melalui bidang yang lebih luas, mereka lebih bebas menggambar dan masuk ke dalamnya. Rasa terlibat dalam dunia didalam gambar itu tidak akan didapat ketika anak menggambar dibidang kertas, dan suka mewarnai bidang apa saja.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Nur Fajrie,S.Pd.,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Much Arsyad Fardani,M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Menggambar, Objek Anggota Keluarga
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:25
Last Modified: 26 Jul 2023 20:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18857

Actions (login required)

View Item View Item