Analisis kesantunan berbicara pada perilaku siswa di sd 1 jojo kabupaten kudus

HANDAYANI, KHARISMA ARUM (2023) Analisis kesantunan berbicara pada perilaku siswa di sd 1 jojo kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

ke guru maupun siswa ke siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang peneliti temui di SD 1 JOJO. Observasi yang telah peneliti lakukan memperlihatkan bahwa keseluruhan siswa di SD 1 JOJO, berbicaranya tidak santun. Berbicara tidak santun bisa dilihat siswa tersebut bebicara kasar, bertengkar, serta pembicaraan mereka selalu digabungkan dengan kata-kata kotor. Berbeda dengan kelas empat berbicaranya santun dan hanya beberapa siswa terjadi penyimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbicara pada siswa ke guru dan siswa ke siswa dan upaya guru untuk menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV. Kesantunan berbahasa merupakan tata cara berkomunikasi lewat tanda verbal atau tata cara berbahasa. Ketika berkomunikasi dengan orang lain patuh dengan norma dan sesuai aturan yang ada dalam masyarakat ditempat tinggal masing-masing dan dipergunakannya suatu bahasa untuk berkomunikasi. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD 1 JOJO dengan responden penelitian kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa yang berjumlah 9 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara dari Miles dan Huberman yang menurut keduanya tahapan analisis data kualitatif yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian membuktikan bahwa kesantunan berbicara terdapat dua jenisnya yaitu kesantunan berbicara siswa ke guru dan kesantunan berbicara siswa ke siswa. kesantunan berbicara terdapat enam maksim yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesetujuan dan maksim simpati. Kesantunan bicara pada siswa kelas IV sudah sangat baik. Hal ini guru sudah berupaya untuk menanamkan kesantunan bicara pada siswa kelas IV dengan dua cara yaitu nasihat dan pembiasaan yang baik. Penelitian ini hendaknya kepala sekolah atau guru lebih berupaya untuk menanamkan kesantunan bicara kepada siswa, baik siswa kelas rendah dan kelas tinggi sehingga kesantunan tetap terjaga.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Much Arsyad Fardani, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Lintang Kironoratri, M.Pd
Kata Kunci: Berbicara, Kesantunan Berbicara, Perilaku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:45
Last Modified: 26 Jul 2023 20:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18860

Actions (login required)

View Item View Item