Penerapan nilai-nilai pancasila sila ke-3 dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air siswa sdn pekalongan

Asyarof Al Fadli, Ahmad (2023) Penerapan nilai-nilai pancasila sila ke-3 dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air siswa sdn pekalongan. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini mempunyai latar belakang yaitu rendahnya sikap cinta tanah air pada siswa SDN Pekalongan antara lain masih ada siswa yang melanggar peraturan, tidak serius dalam kegiatan upacara, kurangnya keaktifan siswa dalam hal tanya jawab. Rumusan masalah penelitian ini meliputi: bagaimana peran sekolah dan guru serta bagaimana implementasi hasil penanaman nilai-nilai Pancasila dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air siswa kelas IV SDN Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran sekolah dan guru dalam menanamkan sikap cinta tanah air pada siswa sehingga dapat mengetahui implementasi hasil penanaman nilai-nilai pancasila dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air SDN Pekalongan. Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia, dimana Pancasila tersebut dijadikan dasar untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu untuk dasar negara sendiri, Pancasila diwujudkan menjadi hukum nasional Indonesia dimana Pancasila ini dijadikan sebagai segala sumber hukum. Penelitian penerapan nilai-nilai pancasila dilaksanakan di kelas IV SDN Pekalongan dengan subjek penelitian 13 siswa dan 2 guru yaitu kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi teknik Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan kajian studi kasus. Analisis data dalam penelit ian kualitatif diarahkan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui penerapan sikap cinta tanah air yang dilakukan oleh para guru seperti memberikan contoh secara langsung melalui pembiasaan sikap sehari-hari baik dalam pembelajaran maupun di luar pembelajaran. Mengadakan kegiatan upacara secara rutin, menjaga kebersihan, dan bergotong royong. Adapun fasilitas-fasilitas pendukung diantaranya adalah rebana, karawitan, pramuka, tenis meja, seni tari, dan teknologi komputer. Bagi guru hendaknya senantiasa memperhatikan perilaku siswa di kelas, dan menasehatinya jika siswa berbuat salah agar siswa menyadari perbuatan dan tidak mengulangi kesalahannya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A DOSEN PEMBIMBING 2 :M.Syafruddin Kuryanto,SSi.,M.Or
Kata Kunci: Penerapan, Nilai-Nilai Pancasila, Cinta Tanah Air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 21:02
Last Modified: 26 Jul 2023 21:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18863

Actions (login required)

View Item View Item