Desty Rahmawati, Anita (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI PECAHAN DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (917kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (135kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (125kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis materi pecahan ditinjau dari media tiga dimensi pada siswa kelas IV SD Negeri Bakalan. Adapun tujuan berikutkan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi siswa dalam kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Bakalan. Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok orang untuk mengelola atau menyerap arti suatu ide yang dapat digunakan dalam mengelompokkan suatu objek yang dipelajari melalui kegiatan mengenal, menjelaskan, dan menarik kesimpulan. Pecahan adalah hasil bagi dari angka, yang angka atas disebut pembilang dan yang bawah disebut penyebut, Kedua angka tersebut dipisahkan oleh garis. Media tiga dimensi adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar atau tinggi yangterbuat dari bahan bekas atau dari kertas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Data penelitian ini diperoleh dari guru kelas dan beberapa siswa kelas IV SD Negeri Bakalan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Bakalan kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati merupakan pemahaman konsep matematika siswa masih sangat rendah, dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan pernyataan diketahui dalam bentuk matematis. Hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang dapat menuliskan dari desimal kebentuk pecahan. pemahaman matematika dalam mengenal berbagai makna dan interprestasi masih sangan rendah karena siswa tidak dapat mengembangkan konsep yang ada dalam menyelesaikan soal yang diberikan dengan mengubahnya dalam bentuk pecahan. untuk pemahaman konsep dalam mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep sebagian siswa sudah memahami, namun ada beberapa siswa yang terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam menjawab soal yang diberikan, siswa tidak mampu menyelesaikan soal yang diberikan dalam bentuk pecahan sehingga penyelesaian konsep matematika materi pecahan menjadikan tidak tepat. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis SD Bakalan masih rendah. faktor penyebab kemampuan pemahaman konsep materi pcahan. Ditambah dengan kondisi kelas yang kurang kondusif yang disebabkan oleh beberapa siswa yang merasa bosan saat pembelajaran karena kurang menyenangkan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Diana Ermawati,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Savitri Wanabuliandari,M.Pd |
Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, Pecahan, Media Tiga Dimensi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 18:36 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 18:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18880 |
Actions (login required)
View Item |