ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI PECAHAN DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN

Desty Rahmawati, Anita (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MATERI PECAHAN DITINJAU DARI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKALAN. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (917kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis materi pecahan ditinjau dari media tiga dimensi pada siswa kelas IV SD Negeri Bakalan. Adapun tujuan berikutkan menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi siswa dalam kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Bakalan. Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok orang untuk mengelola atau menyerap arti suatu ide yang dapat digunakan dalam mengelompokkan suatu objek yang dipelajari melalui kegiatan mengenal, menjelaskan, dan menarik kesimpulan. Pecahan adalah hasil bagi dari angka, yang angka atas disebut pembilang dan yang bawah disebut penyebut, Kedua angka tersebut dipisahkan oleh garis. Media tiga dimensi adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar atau tinggi yangterbuat dari bahan bekas atau dari kertas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif naratif. Data penelitian ini diperoleh dari guru kelas dan beberapa siswa kelas IV SD Negeri Bakalan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Bakalan kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati merupakan pemahaman konsep matematika siswa masih sangat rendah, dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menuliskan pernyataan diketahui dalam bentuk matematis. Hal ini dapat dilihat dari jawaban siswa yang dapat menuliskan dari desimal kebentuk pecahan. pemahaman matematika dalam mengenal berbagai makna dan interprestasi masih sangan rendah karena siswa tidak dapat mengembangkan konsep yang ada dalam menyelesaikan soal yang diberikan dengan mengubahnya dalam bentuk pecahan. untuk pemahaman konsep dalam mengidentifikasi sifat-sifat suatu konsep sebagian siswa sudah memahami, namun ada beberapa siswa yang terdapat kesalahan dan kekeliruan dalam menjawab soal yang diberikan, siswa tidak mampu menyelesaikan soal yang diberikan dalam bentuk pecahan sehingga penyelesaian konsep matematika materi pecahan menjadikan tidak tepat. Simpulan dari penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis SD Bakalan masih rendah. faktor penyebab kemampuan pemahaman konsep materi pcahan. Ditambah dengan kondisi kelas yang kurang kondusif yang disebabkan oleh beberapa siswa yang merasa bosan saat pembelajaran karena kurang menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Diana Ermawati,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Savitri Wanabuliandari,M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pecahan, Media Tiga Dimensi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 18:36
Last Modified: 27 Jul 2023 18:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18880

Actions (login required)

View Item View Item