RAHMA, TSANIYA (2023) Peningkatan keterampilan berbicara melalui model group investigation berbantuan media puzzle pada materi teks nonfiksi kelas v. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL.JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (196kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (523kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dan keterampilan mengajar guru dengan model pembelajaran group investigation berbantuan media puzzle kelas V materi teks nonfiksi. Model Group Investigation adalah model pembelajaran kooperatif yang menuntut peserta didik untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun keterampilan dalam proses kelompok. Keterampilan berbicara adalah kegiatan mengkomunikasikan secara lisan untuk menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain sehingga dapat diterima atau didengarkan oleh orang lain. Media puzzle permainan bongkar pasang atau permainan menyusun potongan-potongan gambar kecil yang diacak sebelumnya sehingga menjadi gambar utuh. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah meningkatan keefektifan keterampilan berbicara dan aktivitas siswa melalui model Group Investigation berbantuan media puzzle materi teks nonfiksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di bimbingan belajar Arrohimuna dengan jumlah 10 peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus di mana setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Penelitian ini melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Group Investigation dan variabel terikat yaitu keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas siklus I memperoleh persentase rata-rata 83% kategori baik, sedangkan siklus II memperoleh persentase rata-rata 91% kategori sangat baik. Keterampilan berbicara siswa pra siklus memperoleh rata-rata 50% kategori kurang, setelah dilaksanakan siklus I persentase rata-rata 80% kategori baik, siklus II memperoleh persentase rata-rata 86% kategori baik. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil dilihat dari peningkatan keterampilan guru dalam mengelola kelas dan keterampilan berbicara siswa sudah memenuhi target yang diinginkan. Siswa hendaknya berperan aktif dalam proses pembelajaran dan guru juga dapat memvariasikan model dan media saat pembelajaran, serta mampu menumbuhkan potensi siswa dengan harapan mampu meningkatkan keterampilan berbicara dan tujuan pembelajaran dapat dicapai bersama.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Mohammad Syaffruddin Kuryanto, S.Si.,M.Or DOSEN PEMBIMBING II : Lintang Kironoratri, S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | group investigation, keterampilan berbicara, media puzzle. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 19:14 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 19:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18886 |
Actions (login required)
View Item |