Kurnia, Jenia (2023) Peningkatan hasil belajar ipa dan bahasa indonesia tema 3 melalui model problem based learning berbantu media video pada kelas v sd 4 karangbener kudus Tahun 2022/2023. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (516kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (229kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar pengaruh peningkatan hasil belajar IPA dan Bahasa Indonesia pada siswa kelas V di SD 4 Karangbener Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonedia dengan menggunakan model problem based learning berbantu media video pada tema 3 Makanan Sehat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas 5 SD 4 Karangbener yang berjumlah 20 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model Problem Based Learning dan variabel terikat yaitu keterampilan guru dan hasilbelajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif yang berupa presentase dari keterampilan guru dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian yang penulis lakukan menujukan adanya : 1)penerapan problem based learning berbantu media video mampu meningkatkan keterampilan gurudalam proses pembelajaran, 2) penerapan model problem based learning berbantu media video mampu meningkatan hasil belajar IPA dan 3) penerapan model problem based learning berbantu media video mampu meningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Bedasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis mengajukan saran-saran sebagai berikut : Bagi sekolah diharapkan untuk dapat memenuhi fasilitas dalam menunjang proses pembelajaran, Bagi guru dalam menggunakan model problem based learning diharapkan dapat memahami secara utuh tahapan-tahapan penggunakan model problembased learning, Bagi peneliti lanjut dalam menggunakan model problem based learning diupayakan untuk mengetahui dan memahami tahapan-tahapan dalam model problem based learning dan menggunakan media yang dapat menunang proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Siti Masfuah,M.Pd |
Kata Kunci: | problem based learning, media video, hasil belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 19:14 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 19:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18887 |
Actions (login required)
View Item |