Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar agama anak usia 10-12 tahun dukuh kayon desa plosorejo kecamatan pucakwangi kabupaten pati

SHOLEHAH, AMINATUS (2023) Peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar agama anak usia 10-12 tahun dukuh kayon desa plosorejo kecamatan pucakwangi kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy

Abstrak

Orang tua merupakan penanggung jawab utama dalam pendidikan dan penumbuh minat belajar anak khususnya pelajaran agama anak. Kurangnya peranan orang tua dalam proses belajar agama anak usia 10-12 tahun di Dukuh Kayon Desa Plosorejo mengakibatkan anak tidak teratur dalam mempelajari dan menjalankan ajaran agama seperti diniyah, TPQ maupun solat berjamaah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar agama anak usia 10-12 tahun dan mengetahui kendala orang tua dalam menumbuhkan minat belajar agama anak usia 10-12 tahun Dukuh Kayon Desa Plosorejo Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Peran orang tua adalah sebagai pendidik dan pembimbing anak dengan penuh tanggung jawabnya sehingga berpengaruh terhadap minat belajar anak khususnya agama. Minat belajar agama adalah motif yang digunakan individu untuk mendorongnya agar lebih aktif dalam kegiatan agama maupun ibadah. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat naratif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang tua dan 3 anak usia 10-12 tahun di Dukuh Kayon Desa Plosorejo. Keabsahan data dalam penelitian ini yaitu Triangulasi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis model Miles dan Hubermen diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa peran orang tua Dukuh Kayon Desa Plosorejo dalam menumbuhkan minat belajar agama anak usia 10-12 tahun diantaranya dengan cara membimbing, mengawasi, memberikan motivasi, menyediakan sarana dan prasarana belajar serta memberikan sanksi atau hadiah pada anak. Sedangkan kendala yang dialami oleh orang tua dalam menumbuhkan minat belajar agama anak diantaranya sibuk bekerja, kurangnya waktu dengan anak, kurangnya bekal ilmu, rasa malas anak serta lingkungan sosial anak. Saran dalam penelitian ini hendaknya orang tua memberikan bimbingan berupa keteladanan, pembiasaan dan memberikan motivasi pada anak serta memberikan sanksi atau hadiah pada kemampuan anak. Saran bagi anak hendaknya patuh dan mempunyai kesadaran diri terhadap tanggung jawabnya untuk belajar serta memilah hubungan sosial yang baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons DOSEN PEMBIMBING II : Imaniar Purabasari, M.Pd
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Menumbuhkan Minat Belajar Agama Anak.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 19:23
Last Modified: 27 Jul 2023 19:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18889

Actions (login required)

View Item View Item