Nur Sintia, Adelita (2023) POLA ASUH ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUSUNAWA BAKALAN KRAPYAK KABUPATEN KUDUS. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (462kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (115kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (219kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua dalam memotivasi belajar anak di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus dengan rumusan masalah bagaimana pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus dan faktor apa saja yang mempengaruhi motivasi belajar anak di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus. Penelitian ini membahas tentang pola asuh orang tua dan motivasi anak dalam belajar di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus. Pola asuh orang tua merupakan pembentukan karakter pada seorang anak yang masih dalam pengawasan dan bimbingan orang tua. Pola asuh berperan penting pada pembentukan sikap, kepribadian, karakter, kebiasaan dan pola belajar seorang anak. Ada empat jenis pola asuh, yaitu pola asuh otoriter, demokrasi, dan permisif. Sedangkan motivasi belajar belajar yaitu tindakan dari diri anak maupun orang lain yang mempengaruhi ataupun mendorong seseorang agar melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahap pelaksanaan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian orang tua dan anak sebagai subjek. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus menggunakan pola asuh demokratis. Bentukpola asuh demokratis dengan menerapkan disiplin, belajar, mandiri, dan mencerminkan budi pekerti. Pola asuh yang diterapkan orang tua memberikan dorongan dan motivasi belajar pada anak di lingunga keluarga, segingga anak mendapatkan hasil belajar yang baik. Tidah hanya itu pola asuh demokratis juga mampu membentuk karakter pada diri anak berupa kemandirian, kedisiplina, dan komunikatif. Penelitian ini bagi orang tua diharapkan dapat memberikan anak pengasuhan yang positif sehingga anak anak mempunyai motivasi dan semangat dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua terhadap motivasi belajar anak di Rusunawa Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus menunjukkan bahwa orangtua dalam memberikan pengasuhan yang baik sesuai dengan perkembangan anak.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Erik Aditia Ismaya,S.Pd.,M.A DOSEN PEMBIMBING 2 :Sekar Dwi Ardianti,M.Pd |
Kata Kunci: | Pola Asuh, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 19:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 19:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18890 |
Actions (login required)
View Item |