ABIDIN, ADI ZAINAL (2023) Motivasi guru dalam prestasi lomba cipta syair (puisi) siswa sd 1 bakalan krapyak kudus tahun ajaran 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (477kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (198kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (34kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses pembelajaran (implementasi) cipta syair. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui usaha-usaha yang dilakukan oleh guru untuk membangkitkan motivasi terhadap prestasi lomba cipta syair (puisi) siswa SD 1 Bakalan Krapyak Kudus Tahun Ajaran 2022/2023. Motivasi memainkan peranan penting dalam proses pembelajaran karena belajar merupakan suatu kegiatan yang aktif, menuntut usaha yang disengaja dan dilakukan dengan penuh kesadaran. Sehingga seorang siswa yang telah termotivasi untuk belajar sesuatu akan berusaha mempelajarinya dengan baik dan tekun dengan harapan memperoleh hasil yang baik. Oleh karena itu motivasi tersebut harus dimiliki oleh siswa, sedangkan guru dituntut untuk memperkuat motivasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas, kepala sekolah, wali murid dan siswa-siswi SD Negeri 1 Bakalan Krapyak. Adapun fokus penelitian ini adalah implementasi pembelajaran dan motivasi guru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dekumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miler dan Huberman (deskriptif : reduksi data, mendeskripsikan data, dan membuat kesimpulan). Uji keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil peneliian menunjukkan bahwa implementasi cipta syair di SD 1 Bakalan Krapyak Kabupaten Kudus diterapkan sebagai kegiatan yang berada di luar progam dan digunakan untuk menunjang intrakulikuler. Sedangkan usaha-usaha guru untuk memotivasi prestasi lomba cipta berupa usaha pendekatan personal, penggunaan media pembelajaran dan penilaian. Dengan demikian, kepada sekolah diharapkan dapat bekerja sama dengan guru untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya. Dan guru dapat meningkatknya dengan pendekatan personal, media dan metode pembelajaran yang bervariasi serta evaluasi penilaian
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Motivasi, Guru, Prestasi Lomba Cipta Syair |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 19:42 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 19:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18893 |
Actions (login required)
View Item |