UMMAH, ANIATUL KHOIRUL (2023) Pengaruh metode pembelajaran reward dan punishment terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran matematika kelas v di sd negeri tempaling. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (482kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (981kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (433kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran matematika yang dianggap sulit oleh siswa membuat keaktifan belajar siswa menjadi rendah. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD Negeri Tempaling khususnya di kelas V yang menunjukkan bahwa pada pelajaran matematika keaktifan belajar siswanya masih terbilang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh penerapan metode pembelajaran reward dan punishment terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran matematika kelas V di SD Negeri Tempaling. Metode pembelajaran reward dan punishment merupakan metode pembelajaran yang memberikan hadiah dan hukuman kepada siswanya. Keaktifan belajar siswa adalah peran aktif siswa selama proses pembelajaran matematika berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Tempaling dengan subjek penelitian 25 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket, lembar obervasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif quasi ekperimen. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dengan diterapkannya metode pembelajaran reward dan punishment terhadap keaktifan belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri Tempaling. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi tabel ANOVA 0,000 < 0,05 dengan persamaannya Y ̂ = -18,599 + 0,922X. Dan besar pengaruh penerapan metode pembelajaran reward dan punishment terhadap keaktifan belajar siswa adalah 65,3%. Dengan diterapkannya metode pembelajaran reward dan punishment pada pelajaran matematika memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keaktifan belajar siswa. Guru bisa menerapkan metode pembelajaran reward dan punishment pada pelajaran matematika agar siswa merasa senang karena apa yang mereka lakukan mendapatkan apresiasi dari guru, dan bagi siswa yang mendapatkan punishment agar merasa jera dan tidak melakukan kesalahn yang sama dikemudian hari.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : F. Shoufika Hilyana, S. Si., M.Pd. DOSEN PEMBIMBING II : Denni Agung Santoso, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Metode Pembelajaran, Reward dan Punishment, Keaktifan Belajar Siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 20:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 20:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18899 |
Actions (login required)
View Item |