HANDAYANI, NOR (2023) Analisis pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (218kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (204kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, dan mendeskripsikan penanaman pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VI di SDN 2 Hadipolo. Pendidikan karakter merupakan salah satu hal yang penting dan mendesak anak-anak (siswa) untuk membentuk karakter dan kepribadian yang baik pada saat memasuki sekolah dasar. Disiplin merupakan karakter yang berhubungan dengan suatu kegiatan ketertiban diri yang harus dilakukan sesuai dengan tata tertib atau peraturan yang berlaku untuk membiasakan bersikap dan berperilaku dengan baik. Tanggung jawab merupakan karakter yang berhubungan dengan suatu perilaku manusia untuk melaksanakan tugas yang harus dilaksanakan (kewajiban) atau dilakukan terhadap dirinya sendiri, masyarakat, lingkungan, negara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan studi kasus dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan subjek 4 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas VI di SD 2 Hadipolo sudah cukup baik. Dimana Sebagian siswa sudah menaati tata tertib yang berlaku di sekolah. Penananman pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD 2 Hadipolo yang digunakan oleh guru diantaranya yaitu 1) Kegiatan rutin sekolah, guru menanamkan dengan melalui membiasakan siswa untuk menjaga kebersihan kelas, berangkat sebelum jam tujuh tepat, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan mengumpulkan tugas tepat waktu. 2) Keteladanan, guru menanamkan dengan memberikan contoh terhadap perilaku yang baik seperti datang ke sekolah tepat waktu, menggunakan pakaian seragam dan aksesoris dengan sopan dan rapi sesuai dengan aturan, dan menggunakan tutur kata yang sopan. 3) kegiatan spontan, menanamkan dengan melalui guru memberi teguran pada siswa yang melanggar peraturan di sekolah. Penelitian ini Diharapkan bagi guru untuk mempertahankan perannya untuk menanamkan dan menumbuhkan karakter yang baik untuk siswa. Jika guru menanamkan karakter yang baik maka siswa dapat memiliki karakter yang baik pula. Kesulitan yang dialami siswa, guru dapat memberikan perhatian dan bimbingan yang lebih.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Lovika Ardana Riswari, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Santoso, M.Pd |
Kata Kunci: | Pendidikan Karakter, Disiplin, dan Tanggung Jawab. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 20:44 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 20:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18903 |
Actions (login required)
View Item |