SARI, LAILI SOBRIANI PUSPITA (2023) Dampak kondisi keluarga broken home pada motivasi belajar anak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (875kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (208kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran anak keluarga broken home serta motivasi belajar anak broken home dan dampak broken home pada motivasi belajar anak di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak, dengan rumusan masalah kondisi anak keluarga broken home di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak dan dampak broken home di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Penelitian ini membahas tentang gambaran anak keluarga broken home serta motivasi belajar anak broken home dan dampak broken home pada motivasi belajar. Keluarga broken home merupakan suatu kondisi tidak utuh di dalam rumah tangga karena perceraian. Dampak bagi anak yaitu anak mengalami kondisi broken home karena perceraian dari orang tuanya, akibat yang ditimbulkan karena perceraian kedua orang tuanya anak akan mengalami kesulitan untuk menghadapi situasi baru, kurangnya kasih sayang dari kedua orang tua, kurangnya perhatian dari orang tua mengakibatkan anak kurang fokus dalam belajar. Sesuai dengan pernyataan tersebut penelitian ini akan memperdalam bagaimana kondisi keluarga broken home dan dampak terhadap motivasi belajar anak di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilakukan di Desa Donorojo RT 07 RW 01 Kecamatan Demak Kabupaten Demak dengan mengambil subjek orang tua, guru dan anak sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak broken home pada motivasi belajar anak di Desa Donorojo Kecamatan Demak Kabupaten Demak yang berpengaruh terhadap motivasi belajar mengalami penurunan, keluarga yang broken home perhatian dari orang tuanya terhadap anak berkurang sehingga berpengaruh pada dampak motivasi belajar, anak menjadi malas belajar, dan tidak semangat. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dua anak yang mengalami broken home di Desa Donorojo Kecamatan Demak Kabupaten Demak yang berpengaruh pada motivasi belajarnya, hal itu ditunjukkan kondisi S dan Y yang malas untuk belajar, tidak mempunyai semangat, gairah dan motivasi belajar. Saran bagi orang tua harus lebih memperhatikan anak khususnya pada saat belajar, sebagai orang tua harus mampu memberikan dukungan serta semangat untuk membangun motivasi belajar anak dan untuk penelitian selanjutnya semoga penelitian ini bermanfaat bagi para peneliti.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Ika Oktavianti, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Lintang Kironoratri, M.Pd |
Kata Kunci: | Broken Home, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 00:25 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 00:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18913 |
Actions (login required)
View Item |