QONA’AH, ANNISYA’ (2023) Peningkatan hasil belajar melalui model reward and punishment berbantuan media pahuanca pada peserta didik kelas iii tema 5 di sd 2 getas pejaten. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (857kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (504kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (849kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (960kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (583kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Reward and punishment berbantuan media Pahuanca dan meningkatkan keaktifan, sehingga hasil belajar peserta didik kelas III SD 2 Getas Pejaten terdapat peningkatan. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan keaktifan peserta didik, meningkatkan hasil belajar peserta didik, meningkatkan keterambilan guru dan mendeskripsikan penggunaan model Reward and punishment berbantuan media Pahuanca pada tema 5 di kelas III. Model Reward and punishment merupakan model pembelajaran dimana terdapat reward sebagai penghargaan dan punishment sebagai hukuman. Media Pahuanca merupakan media singkatan dari papan pengetahuan dan cuaca berbentuk papan lebar berisi materi perbedaan pada muatan PPKn dan informasi pada muatan Bahasa Indonesia dilengkapi media tugas berupa gambar tempel. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas III SD 2 Getas Pejaten dengan subjek penelitian 19 peserta didik. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Reward and punishment berbantuan media Pahuanca, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model reward and punishment berbantuan media pahuanca dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD 2 Getas Pejaten pada muatan PPKn dan Bahasa Indonesia, keaktifan peserta didik dan keterampilan mengajar guru pada kelas III SD 2 Getas Pejaten. Penelitian ini dapat dijadikan pedoman guru ketika menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model reward and punishment serta media pahuanca yang dapat membuat peserta didik lebih aktif karena pembelajaran menjadi menarik dan dapat memahami materi yang telah disampaikan dengan terdapatnya peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Lintang Kironoratri, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Pembelejaran Reward and punishment, Media Pahuanca, Keterampilan Guru, Keaktifan, Hasil Belajar, Tema 5 Kelas III |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 00:42 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 00:42 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18915 |
Actions (login required)
View Item |