Keefektifan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis educative games terhadap kemampuan berpikir kritis siswa

JULIYANTO, DISKY DWI (2023) Keefektifan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis educative games terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Kayuapu dalam mengikuti pembelajaran tematik khususnya pada muatan IPA. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis rata-rata nilai berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan model Reciprocal Teaching berbasis media educative game mencapai KKM, (2) pengaruh dari model Reciprocal Teaching berbasis media educative game terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dan (3) menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Kayuapu sebelum dan sesudah menggunakan model Reciprocal Teaching berbasis media educative game. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan menelaah berbagai informasi sebagai acuan untuk menghadapi persoalan. Pada penelitian ini peneliti melakukan eksperimen untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching, yang dapat merangsang siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Serta penggunaan media educative game berupa kartu soal yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan pembelajaran karena mengandung nilai-nilai pendidikan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan indikator berpikir kritis FRISKO yang dijabarkan antara lain F (Focus), R (Reason), I (Inference), S (Situation), C (Clarity), dan O (Overview). Tempat penelitian di kelas V SD Kayuapu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Serta menggunakan analisis data berupa uji validasi, uji normalitas data, uji-t, dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukan pengujian One Sample t-Test dengan nilai nilai thitung 5,787 > 2,101, maka rata-rata nilai berpikir kritis siswa setelah diberi perlakuan mendapat nilai rata-rata lebih dari sama dengan 67. Selanjutnya, dari uji paired sample statistic t-test menunjukan nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan rata-rata antara skor pretest (57) dan posttest (80) siswa. Dan persentase nilai N-Gain mendapatkan 57% yang menunjukan penafsiran cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) rata-rata nilai berpikir kritis siswa yang belajar dengan menggunakan model Reciprocal Teaching berbasis media educative game lebih dari atau sama dengan 67, (2) adanya perbedaan rata-rata antara skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Reciprocal Teaching berbasis media educative game terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Kayuapu, dan (3) adanya peningkatan skor pretest dan posttest siswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan model Reciprocal Teaching berbasis media educative game terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Kayuapu.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd
Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Educative Game, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 00:53
Last Modified: 28 Jul 2023 00:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18916

Actions (login required)

View Item View Item