Ainun Nida, Iva (2023) Pengaruh pengendalian diri, motivasi, perilaku, minat belajar, dan kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi empiris pada mahasiswa s1 akuntansi perguruan tinggi di kabupaten kudus). Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (751kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (104kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri, motivasi, perilaku, minat belajar dan kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa S1 Akuntansi perguruan tinggi di Kabupaten Kudus. Tingkat pemahaman akuntansi yang digunakan sebagai variabel terikat dalam penelitian ini adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 84 mahasiswa program studi akuntansi angkatan 2018 dan 2019 yang masih aktif dari dua Perguruan Tinggi di Kota Kudus. Dalam riset ini pengumpulan data menggunakan dua metode, yaitu metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penelitian pustaka. Data variabel dianalisis dengan uji statistik deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik dan uji analisis regresi linear berganda. Hasil analisis dan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa, dari lima variabel tersebut hanya hanya minat belajar dan kecerdasan emosional yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan pengendalian diri, motivasi dan perilaku tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Saran yang dapat diberikan adalah sebaiknya mahasiswa akuntansi memperhatikan minat belajar dan kecerdasan emosional agar dapat meningkatkan tingkat pemahaman akuntansinya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 :Aprilia Whetyningtyas,SE.,M.Si Dosen Pembimbing 2 :Zaenal Afifi,SE.,M.Si.,AK |
Kata Kunci: | Pengendalian Diri, Motivasi, Perilaku, Minat Belajar, Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman Akuntansi |
Subjects: | Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Akuntansi publik. Audit |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Aug 2023 19:01 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 20:25 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19140 |
Actions (login required)
View Item |