SHOFI, FADHLAN NOOR (2023) Aplikasi penilaian dan rapor pembelajaran kurikulum merdeka pada jenjang sekolah dasar di sdn kuthoharjo pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (238kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Other (PROGRAM)
Program.rar - Published Version Restricted to Registered users only Download (52MB) | Request a copy |
Abstrak
Perubahan Kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka membutuhkan banyak adaptasi dan perubahan terhadap sistem sekolah. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Terdapat beberapa perbedaan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, salah satunya adalah sistem penilaian siswa.Penilaian pada Kurikulum Merdeka berfokus pada penguatan asesmen formatif dan penggunaan hasil asesmen untuk merancang pembelajaran sesuai tahap Pencapaian siswa. menggunakan penilaian formatif dan sumatif oleh pendidik untuk memantau kemajuan belajar, hasil belajar, dan deteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar siswa secara berkesinambungan. Dengan berubahnya kurikulum tentu akan merubah sistem penilaian. Tentu saja, seiringnya dengan perubahan kurikulum, terdapat juga masalah yang harus diselesaikan, seperti : Terbatasnya waktu orang tua untuk mengambil rapor dengan langsung datang ke sekolah dan minimnya transparanisasi nilai antara wali murid dan sekolah. Berdasarkan uraian Masalah diatas, peneliti akan Melakukan penelitian Dengan Judul “Aplikasi Penilaian Dan Rapor Pembelajaran Kurikulum Merdeka Pada Jenjang Sekolah Dasar’’. Sistem ini dibangun Penggunaan metode pengembangan model waterfall yang sistematis dan berkelanjutan untuk meminimalkan timbulnya berbagai masalah yang ada dan sistem ini dibangun dengan Bahasa pemrograman PHP, menggunakan Framework Codeigniter, dan MYSQL sebagai database, serta menggunakan Whatsapp Gateway untuk memberi notifikasi informasi hasil pembelajaran siswa ke wali murid melalui pesan whatsapp.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1: Tri Listyorini, S.Kom. DOSEN PEMBIMBING 2: Endang Supriyati, S.Kom., M.Kom |
Kata Kunci: | Kurikulum Merdeka, Sistem Penilaian, Pesan Whatsapp |
Subjects: | Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 19:11 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 19:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19440 |
Actions (login required)
View Item |