PENGARUH DOSIS DAN CARA PEMBERIAN LIMBAH PADAT BIOGAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.)

Syah, Aziz Mahendra (2023) PENGARUH DOSIS DAN CARA PEMBERIAN LIMBAH PADAT BIOGAS TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KEDELAI (Glycine max L.). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
hal judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis dan cara pemberian limbah padat biogas terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai (Glycine max L.). Penelitian dilaksanakan di Desa Klumpit, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, pada bulan Juli sampai September 2022. Penelitian merupakan percobaan faktorial (3×3 + kontrol) dengan rancangan acak kelompok lengkap (RAKL). Faktor pertama yaitu dosis pupuk limbah padat biogas terdiri atas tiga taraf, yaitu 10 ton/ha, 20 ton/ha dan 30 ton/ha. Faktor kedua adalah cara pemberian limbah padat biogas terdiri dari tiga taraf, yaitu diberikan per lubang tanam, diberikan dalam larikan dan diberikan bersama dengan pengolahan tanah. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA kemudian dilakukan uji lanjut dengan uji DMRT dengan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian limbah padat biogas berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai yang ditunjukkan pada pengamatan tinggi tanaman umur 4, 5, 6, 7 dan 8 minggu setelah tanam (MST), jumlah daun umur 3, 5, 6, 7 dan 8 MST, jumlah bintil akar per tanaman, jumlah polong total per tanaman, bobot polong total per tanaman, jumlah polon g isi per tanaman, jumlah biji per tanaman, bobot biji kering per tanaman, bobot kering 100 biji, bobot basah tanaman, bobot kering tanaman dan bobot biji per petak. Dosis pupuk limbah padat biogas berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai yang ditunjukkan pada pengamatan tinggi tanaman kedelai umur 5, 6, 7 dan 8 MST, jumlah bintil akar per tanaman, bobot biji kering per tanaman, bobot kering 100 biji, bobot kering tanaman dan bobot biji per petak. Cara pemberian limbah padat biogas berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman kedelai yang ditunjukkan pada tinggi tanaman umur 6, 7 dan 8 MST, jumlah daun umur 2 dan 8 MST, bobot polong total per tanaman, jumlah biji per tanaman, bobot biji kering per tanaman, bobot kering 100 biji, bobot kering tanaman dan bobot biji per petak. Terdapat interaksi antara dosis pupuk limbah padat biogas dengan cara pemberian limbah padat biogas terhadap tinggi tanaman umur 5, 7 dan 8 MST, jumlah daun umur 8 MST, bobot kering 100 biji dan bobot biji per petak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Farida Yuliani, M.Si. Dosen Pembimbing 2: Dr. Ir. Endang Dewi Murrinie,M.P.
Kata Kunci: cara pemberian, dosis, kedelai, limbah padat biogas
Subjects: Pertanian > Pertanian (umum) > Meliorasi: perbaikan, reklamasi, penyuburan, irigasi / pengairan, dll > Pertanian organik. Kultur organik
Pertanian > Pertanian (umum)
Program Studi: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Dec 2023 20:16
Last Modified: 11 Dec 2023 20:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19539

Actions (login required)

View Item View Item