Self regulated learning pada remaja pemain game online

KHOIRIYAH, NIMATIN (2023) Self regulated learning pada remaja pemain game online. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Kemajuan teknologi telah berkembang sangat pesat salah satunya adalah game online. Game online sangat digemari oleh masyarakat khususnya siswa. Siswa yang harusnya memiliki tanggug jawab belajar, dengan game online aktivitas belajar menjadi terganggu karena dampak game online. Self regulated learning sebagai suatu keadaan dimana individu yang belajar sebagai pengendali aktivitas belajarnya sendiri adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana self regulated learning pada remaja yang bermain game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. penelitian ini mengambil tiga informan siswa untuk dijadikan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan kedua siswa tidak memiliki self regulated learning yang baik, metakognisi informan I dan II meninlai game online adalah aktivitas yang menyenangkan dibandingkan belajar. Motivasi mereka cenderung mengarah ke game bukan ke aktivitas belajar. Sehingga perilaku kedua informan tidak mempunyai strategi untuk belajar. Berbeda dengan informan III, game online hanya dijadikan sebagai media hiburan, sehingga informan masih memiliki motivasi belajar dan strategi belajar untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Mochamad Widjanarko, S.Psi, M.Si
Kata Kunci: game online, remaja, self regulated learning
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:05
Last Modified: 19 Dec 2023 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19610

Actions (login required)

View Item View Item