Hubungan pola asuh autoritatif dan harapan lulus tepat waktu dengan kegigihan akademik pada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh

AISY, FELLA ROHADHATUL (2023) Hubungan pola asuh autoritatif dan harapan lulus tepat waktu dengan kegigihan akademik pada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh autoritatif dan harapan lulus tepat waktu terhadap kegigihan akademik pada mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 aktif penerima beasiswa penuh sebanyak 87 responden dari 8 universitas. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala kegigihan akademik, pola asuh autoritatif, dan harapan lulus tepat waktu. Hasil koefisien korelasi ketiga variabel adalah sebesar 0.771 dengan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.01) dan sumbangan efektif sebesar 59.5%, artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara pola asuh autoritatif dan harapan lulus tepat waktu dengan kegigihan akademik. Hasil uji hipotesis minor pertama menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara pola asuh autoritatif dan kegigihan akademik dengan koefisien korelasi sebesar 0.576 dan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.01). Hasil uji hipotesis minor kedua juga menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara harapan lulus tepat waktu dan kegigihan akademik dengan koefisien korelasi sebesar 0.733 dan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.01). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa antara ketiga variabel memiliki hubungan positif yang sangat signifikan baik antara pola asuh autoritatif dengan kegigihan akademik maupun harapan lulus tepat waktu dengan kegigihan akademik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING : Ridwan Budi Pramono, S.Psi., M.A
Kata Kunci: harapan, kegigihan akademik, pola asuh autoritatif
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Dec 2023 18:29
Last Modified: 27 Dec 2023 18:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item