Penerapan asas akuntabilitas dalam pelaksanaan penggunaan alokasi dana desa di desa wates kecamatan undaan kabupaten kudus

SUGITO, HADJI (2023) Penerapan asas akuntabilitas dalam pelaksanaan penggunaan alokasi dana desa di desa wates kecamatan undaan kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Penerapan Asas Akuntabilitas dalam Pelaksanaan Penggunaan Alokasi Dana Desa di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Penerapan Asas Akuntabilitas Dalam Pelaksanaan Penggunaan Alokasi Dana Desa di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, dan Kendala serta Upaya Dalam Penerapan Asas Akuntabilitas Dalam Pelaksanaan Penggunaan Alokasi Dana Desa di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitis. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan sekunder. Hasil Data diperoleh, disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan asas akuntabilitas dalam pelaksanaan penggunaan alokasi dana desa di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, pada tahapan perencanaan, pada tahapan perencanaan yaitu penyusunan RPJM Desa, RKP Desa, APB Desa, dan Peraturan Desa. Tahapan Pelaksanaan bentuk akuntabilitas yaitu, menginformasikan kepada masyarakat tentang APBDes, membuat SPP, SPTB, Buku Kas Umum. Tahapan pelaporan bentuk akuntabilitas membuat laporan realisai pelaksanaan APBDes pertengahan dan akhir, membuat laporan pertanggungjawaban realisasi pelaksanaan APBDes. Jenis akuntabilitas di Pemerintah Desa Wates yaitu akuntabilitas variabel, dikarenakan laporan APBDes disampaikan kepada Kecamatan. Akuntabilitas horizontal, karena laporan APBDes disampaikan kepada masyarakat. Kendala dan upaya dalam penerapan asas akuntabilitas aalam pelaksanaan penggunaan alokasi dana desa di Desa Wates Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus, yaitu terdiri sebaga berikut, sebagian masyarakat kurang proaktif dalam mengikuti musyawarah desa, kondisi tidak terduga dan sistem yang sering eror. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah Desa Wates yaitu melakukan forum musyawarah per RW bahkan per RT sehingga aspirasi masyarakat tersebut sepenuhnya tersampaikan; melakukan pembangunan setelah musim hujan, melakukan pencairan dana secara manual.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing :1. Lidya Christina Wardhani, S.H, M.H, M.Kn
Kata Kunci: Alokasi Dana Desa, Akuntabilitas,Pemerintah Desa
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum negara
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Dec 2023 20:34
Last Modified: 27 Dec 2023 20:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19664

Actions (login required)

View Item View Item