Tanggung jawab debitur terhadap fidusia hak milik orang lain yang digunakan untuk jaminan pada lembaga koperasi di kecamatan cluwak

SAUJI, SAUJI (2023) Tanggung jawab debitur terhadap fidusia hak milik orang lain yang digunakan untuk jaminan pada lembaga koperasi di kecamatan cluwak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (957kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul, “Tanggung Jawab Debitur Terhadap Fidusia Hak Milik Orang Lain Pada Lembaga Koperasi Mina Tani di Kecamatan Cluwak”. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait tanggung jawab debitur terhadap fidusia hak milik orang lain yang digunakan untuk jaminan pada Lembaga Koperasi di Kecamatan Cluwak dan upaya hukum yang dapat dilakukan para pihak akibat wanprestasi oleh debitur terhadap fidusia hak milik orang lain yang digunakan untuk jaminan pada Lembaga Koperasi di Kecamatan Cluwak. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah yuridis sosiologis, yaitu proses bekerjanya hukum dalam masyarakat. Metode analisa data adalah bersifat kualitatif berupa deskriptif analisis. Adapun jenis data menggunakan data primer, didapatkan langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder, diperoleh melalui bahan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab hukum Debitur dalam perjanjian kredit yang melibatkan jaminan fidusia di Koperasi Simpan Pinjam di wilayah Kecamatan Cluwak adalah (1) Melunasi seluruh kewajiban yang menjadi dasar pemberian jaminan (pinjaman atau kredit); (2) Debitur bertanggung jawab atas biaya dan kerugian yang ditanggung oleh Lembaga Koperasi dalam proses pengambilan, penjualan, atau pelaksanaan jaminan, seperti biaya eksekusi, biaya lelang, atau biaya hukum yang mungkin dikeluarkan oleh Lembaga Koperasi dalam mengejar pembayaran kewajiban dari debitur; dan (3) Debitur bertanggungjawab untuk membayar sisa kewajiban tersebut kepada Lembaga Koperasi. Upaya hukum yang dilakukan Debitur akibat wanprestasi oleh debitur di lembaga koperasi di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati adalah (1) Penyelesaian Secara Damai; (2) Mediasi; (3) Pelelangan Kembali atau Gugatan Reintegrasi; dan (4) Gugatan Pembatalan Fidusia. Sedangkan upaya hukum yang dilakukan Kreditur akibat wanprestasi oleh debitur di lembaga koperasi di Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati adalah (1) Penyelesaian Secara Damai; (2) Mediasi; dan (3) Eksekusi lelang benda jaminan fidusia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Suparnyo, SH., MS. Dosen Pembimbing II: Wahyu Ady Amrulloh, SH., MH
Kata Kunci: Tanggung Jawab Debitur, Fidusia Hak Milik Orang Lain, Koperasi
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 02 Jan 2024 00:07
Last Modified: 02 Jan 2024 00:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19684

Actions (login required)

View Item View Item