SALSHADILA, VIDYA ARDANI (2023) Hubungan antara stress akademik dan regulasi diri dalam belajar terhadap kecemasan akademik pada siswa sma di kota kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (817kB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (834kB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stress akademik dan regulasi diri dalam belajar terhadap kecemasan akademik. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA yang bertempatan di kota Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik quota sampling responden 100 dan alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data yaitu dengan menggunakan skala kecemasan akdemik, stress akademik, dan regulasi diri dalam belajar. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,710 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Dengan ini menyatakan bahwa adanya hubungan antara stress akademik dan regulasi diri dalam belajar terhadap kecemasan akademik. Hasil uji hipotesis mayor pada penelitian ini diterima, dengan sumbangan efektif antara variabel bebas terhadap variabel terkait sebesar 50,4% sedangkan 49,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Hasil koefisien korelasi antara stress akademik terhadap kecemasan akademik 0,695 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), hal ini menandakan bahwa ini menyatakan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara stress akademik terhadap kecemasan akademik sehingga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dengan sumbangan efektifitas sebesar 48,3%. Sedangkan koefisien korelasi antara regulasi diri dalam belajar terhadap kecemasan akademik sebesar -0,180 dengan p sebesar 0,092 (p<0,01). Dengan ini pernyataan adanya hubungan negative regulasi diri dalam belajar terhadap kecemasan akademik ditolak, hal ini menandakan bahwa tidak ada hubungan negatif antara regulasi diri dalam belajar terhadap kecemasan akademik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen pembimbing: Ridwan Budi Pramono S.Psi, M.A |
Kata Kunci: | Kecemasan Akademik, Stress Akademik, Regulasi Diri Dalam Belajar |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain |
Program Studi: | Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 07 Jan 2024 19:22 |
Last Modified: | 07 Jan 2024 19:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19735 |
Actions (login required)
View Item |