Implementasi penggunaan apbd tahun 2021 sebesar 20 persen di bidang pendidikan di kabupaten kudus

UTOMO, FENDY ADSA ADITYA (2023) Implementasi penggunaan apbd tahun 2021 sebesar 20 persen di bidang pendidikan di kabupaten kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy

Abstrak

Komitmen pemerintah dan DPR terhadap pendidikan tercermin dalam Pasal 31 ayat (4) UUD 1945 Amandemen ke-4. Negara mengutamakan anggaran pendidikan untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional sekurang-kurangnya 20 persen dari APBN dan APBD. Dalam rangka mewujudkan sistem pendidikan yang baik, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 menegaskan dana pendidikan selain gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimal 20 persen dari APBN dan APBD. Adanya kewajiban konstistusional tersebut memberi arti bahwa penyelenggara pemerintahan di pusat dan daerah harus mengalokasikan anggaran minimal 20 persen dari APBN dan APBD untuk penyelenggaraan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan APBD 20 persen di bidang pendidikan dapat terpenuhi dengan baik dalam penerapannya dan mengetahui bagaimana kebijakan penggunaan anggaran pendidikan di Kabupaten Kudus pada tahun 2021. Penulisan hukum ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Data penelitian berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dari wawancara dengan pihak terkait, peraturan perundang-undangan, peraturan pelaksanaan terkait, jurnal-jurnal, serta berbagai literatur mengenai implemetasi anggaran pendidikan. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitis, dimana hal tersebut dilakukan dengan maksud menemukan fakta hukum yang ada dalam masyarakat sesuai dengan tujuan penelitian dan hasil yang telah diperbolehkan kemudian diolah untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi APBD di bidang pendidikan di Kabupaten Kudus sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, penerapannya juga sudah baik karena porsi anggaran pendidikan yang dialokasikan mencapai lebih dari 20 persen dalam satu tahun. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kudus dalam penggunaan anggaran pendidikan berfokus pada program peningkatan kualitas pendidikan dan pemerataan akses pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Kudus dengan menetapkan indikator capaian yang meliputi beberapa aspek yaitu APM, APK, Angka Melek Huruf, rasio guru murid, serta peningkatan aksesibilitas pendidikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Hidayatullah, S.H., M.Hum. DOSEN PEMBIMBING 2: Anggit Wicaksono, S.H., M.H.
Kata Kunci: APBD, Pendidikan, Implementasi, Kabupaten Kudus
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:21
Last Modified: 08 Jan 2024 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item