Tinjauan hukum perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli secara online terhadap produk kosmetik pemutih wajah yang direpacking (studi kasus putusan nomor 107/pid.sus/2021/pn kds)

KARIM, ADE NINA KIRANA M. (2023) Tinjauan hukum perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli secara online terhadap produk kosmetik pemutih wajah yang direpacking (studi kasus putusan nomor 107/pid.sus/2021/pn kds). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “Tinjauan Hukum Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Jual Beli secara Online terhadap Produk Kosmetik Pemutih Wajah yang Direpacking (Studi Kasus Putusan Nomor 107/Pid.Sus/2021/Pn Kds),” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli secara online terhadap produk kosmetik pemutih wajah yang direpacking/dikemas ulang dan akibat hukum pelaku usaha yang merugikan konsumen dalam transaksi jual beli secara online terhadap produk kosmetik pemutih wajah yang direpacking/dikemas ulang Metode pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah yuridis normatif. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data sekunder (bahan hukum primer, sekunder, dan tersier). Setelah data diperoleh, disusun secara sistematis dan dianalisis, sehingga diperoleh kejelasan permasalahan yang dibahas, selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli secara online terhadap produk kosmetik pemutih wajah yang direpacking/dikemas ulang, belum terlaksana secara baik dikarenakan pelaku usaha AA tidak memenuhi ketentuan Pasal 4 huruf c, Pasal 7 huruf b UUPK, dan melanggar ketentuan Pasal 1474, Pasal 1496, dan Pasal 1506 KUHPerdata. Selain itu pelaku usaha AA dalam menjual produk kosmetik tersebut tidak memiliki izin berusaha dan dalam produknya tersebut berdasarkan hasil uji laboratorium Balai Besar Pengawasan Obat Dan Makanan Nomor PP.01.01.1042.04.21K.DK.035 Tanggal 20 April 2021 atas barang Mikayla Glow Night Cream, menyatakan bahwa produk tersebut mengandung zat hidroquinone dan zat tetinoat/tretinoin. Berdasarkan hal tersebut maka melanggar ketentuan Pasal 4 huruf a Pasal 7 huruf d dan Pasal 8 ayat (1) ayat (2) serta ayat (3) UUPK. Akibat hukum pelaku usaha yang merugikan konsumen dalam transaksi jual beli secara online terhadap produk kosmetik pemutih wajah yang direpacking/dikemas ulang, pada aspek perdata dapat dikenakan kepada pelaku usaha yang merepacking produk kosmetik dalam aspek perdata, yaitu Pasal 1365 KUHPerdata dan Pasal 19 UUPK. Dalam aspek pidana kepada pelaku usaha yang merepacking produk kosmetik dalam aspek pidana, yaitu Pasal 62 UUPK, Pasal 45 A ayat (1) UU ITE.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Yusuf Istanto, S.H, M.H. Dosen Pembimbing : 2. Wahyu Edy Amrulloh, S.H, M.H.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Kosmetik, Repacking.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:45
Last Modified: 08 Jan 2024 01:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19749

Actions (login required)

View Item View Item