Perlindungan hukum konsumen pengguna jasa pinjaman online atas kegiatan pelaku usaha

SETYANTO, HARI (2023) Perlindungan hukum konsumen pengguna jasa pinjaman online atas kegiatan pelaku usaha. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Skripsi dengan judul Perlindungan Hukum Konsumen Pengguna Jasa Pinjaman Online Atas Kegiatan Pelaku Usaha secara umum bertujuan untuk untuk mengetahui kewajiban-kewajiban pelaku usaha penyedia jasa pinjaman online yang tidak dilakukan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan untuk mengetahui perlindungan hukum konsumen atas tidak dipenuhinya kewajiban-kewajiban pelaku usaha penyedia layanan pinjaman online. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif. Spesifikasi penelitian dengan menggunakan deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dengan menggunakan data sekunder melalui library research, setelah itu dilakukan pengolahan dan penyajian data serta analisis data secara kualitatif. Kewajiban – kewajiban yang tidak dipenuhi pelaku usaha penyedia jasa pinjaman online yang diatur dalam Undang – Undang Perlindungan Konsumen adalah Pasal 4 huruf a, Pasal 7 huruf a, b dan c. selain itu juga tidak memenuhi ketentuan Pasal 7 dan Pasal 17 ayat (1) PJOK No. 77 tahun 2016, serta Pasal 21 ayat (1) dan Pasal 28 huruf b permen kominfo No. 20 tahun 2016. Perlindungan hukum konsumen atas pelaku usaha penyedia layanan pinjaman online yang tidak melakukan kewajiban – kewajibannya kepada konsumen telah diatur dalam PJOK No. 1 / PJOK.07 / 2013, PJOK No. 77 /PJOK.01 / 2016, dan surat edaran PJOK No. 17 / SEPOJK.07/2018. Selama itu PJOK juga memfasilitasi berkoordinasi dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan pihak kepolisian untuk menangani fintech lending yang legal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Suparnyo, SH. MS Dosen Pembimbing II: Dwiyana Achmad Hartanto S.H., S.H.I., M.H
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Konsumen, Pinjaman Online
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jan 2024 19:27
Last Modified: 14 Jan 2024 19:27
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19796

Actions (login required)

View Item View Item