Analisis sentimen terhadap akun twitter provider by.u menggunakan metode support vektor machine (svm)

JUANDONO, DEVA FUNGKI (2023) Analisis sentimen terhadap akun twitter provider by.u menggunakan metode support vektor machine (svm). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (719kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[thumbnail of PROGRAM] Other (PROGRAM)
APLIKASI_SKRIPSI_FIX.rar - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (166MB) | Request a copy

Abstrak

Provaider By.U merupakan layanan telekomunikasi yang baru dan menarik dengan menjadi penyedia digital pertama di Indonesia. Semua layanan dilakukan secara digital dengan By.U aplikasi yang menawarkan kemudahan dan simpel. Tetapi tidak semua pengguna puas dengan layanan yang cukup sederhana tersebut, banyak saran dan kritik yang disampaikan pengguna melalui tweet di twitter. Untuk mengetahui apakah data tekstual tersebut memuat opini negatif atau positif di Twitter maka digunakan metode Support Vector Machine (SVM) dan untuk mengetahui seberapa besar akurasi yang dihasilkan oleh metode SVM yang diterapkan pada analisis sentimen, serta untuk mengetahui seberapa puas pengguna provider By.U. Analisis sentimen adalah ilmu yang berguna dalam hal menganalisis pendapat seseorang, sentimen seseorang, penilaian seseorang, sikap seseorang dan emosi seseorang ke dalam bahasa tulis. Hasil sentimen pada pengguna provider By.U dengan metode Support Vector Machine di Twitter memiliki akurasi sebesar 89.25%. Pada opini positif menghasilkan 2.5%, netral 73.3%, negatif 24.3%. Hasil sentimen tertinggi yang diperoleh pada penelitian ini adalah sentimen netral sebesar 73.3%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Evanita, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing II: Aditya Akbar Riadi, S.Kom, M.Kom
Kata Kunci: Analisis Sentimen, Provider By.U, Twitter, Metode Support Vector Machine (SVM)
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jan 2024 20:22
Last Modified: 21 Jan 2024 20:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item