WICAKSONO, BAGUS SUSETO GUNAWAN (2023) Analisis sentimen publik terhadap aplikasi bsi mobile menggunakan algoritma naïve bayes classifier. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (257kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (48kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
Archive (PROGRAM)
Aplikasi Skripsi 201951161.zip - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
Abstrak
BSI Mobile merupakan salah satu produk digital Bank Syariah Indonesia yang bertujuan untuk mempermudah transaksi nasabah, baik layanan keuangan maupun non keuangan seperti informasi saldo, QRIS, transfer antar bank, pembayaran tagihan, perubahan PIN dan kata sandi, mutasi rekening. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produk M-Banking milik Bank Syariah Indonesia (BSI) yaitu aplikasi BSI Mobile. Selain itu tujuan lainnya adalah mengetahui hasil dari analisis sentimen terhadap ulasan positif d an negatif terhadap aplikasi BSI Mobile. Naive Bayes Classifier merupakan metode (algoritma) yang digunakan dalam menganalisa sentimen dalam kasus ini. Pada penelitian ini memiliki beberapa metode yakni scrapping data, text preprocessing, pembobotan TF-IDF, dan modelling mengunakan metode Naïve Bayes Classifier. Sistem ini memiliki terdiri dari inputan berupa data mentah dari hasil scrapping data.Data yang digunakan adalah data ulasan pelanggan dari laman BSI Mobile di Google Play Store lalu dilakukan preprocessing diantaranya ada casefolding, tokenization, stopwords removal, dan stemming, berikutnya dilakukan pembobotan dengan menggunakan TF-IDF lalu dilakukan modelling dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier.Output dari sentimen analisis ini berupa pemisahan antara komentar positif dan negatif terkait aplikasi BSI Mobile berdasarkan ulasan pengguna, hal ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk pengembang aplikasi BSI Mobile agar terus mengembangkan sistem mobile banking yang lebih baik lagi dan ramah pengguna. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu hasil evaluasi yang didapat, algoritma Naïve Bayes Classifier ini menghasilkan akurasi sebesar 83,22% dengan nilai polaritas positif 83%, negatif 9%, netral 8%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Evanita, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing II: Aditya Akbar Riadi, S.Kom, M.Kom |
Kata Kunci: | Sentimen Analisis, BSI Mobile, Naïve Bayes Classifier, Google Play Store |
Subjects: | Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi Teknologi > T1 Teknologi (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 19:00 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 19:00 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19995 |
Actions (login required)
View Item |