Analisis sentimen publik terhadap aplikasi bsi mobile menggunakan algoritma naïve bayes classifier

WICAKSONO, BAGUS SUSETO GUNAWAN (2023) Analisis sentimen publik terhadap aplikasi bsi mobile menggunakan algoritma naïve bayes classifier. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[thumbnail of PROGRAM] Archive (PROGRAM)
Aplikasi Skripsi 201951161.zip - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

BSI Mobile merupakan salah satu produk digital Bank Syariah Indonesia yang bertujuan untuk mempermudah transaksi nasabah, baik layanan keuangan maupun non keuangan seperti informasi saldo, QRIS, transfer antar bank, pembayaran tagihan, perubahan PIN dan kata sandi, mutasi rekening. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produk M-Banking milik Bank Syariah Indonesia (BSI) yaitu aplikasi BSI Mobile. Selain itu tujuan lainnya adalah mengetahui hasil dari analisis sentimen terhadap ulasan positif d an negatif terhadap aplikasi BSI Mobile. Naive Bayes Classifier merupakan metode (algoritma) yang digunakan dalam menganalisa sentimen dalam kasus ini. Pada penelitian ini memiliki beberapa metode yakni scrapping data, text preprocessing, pembobotan TF-IDF, dan modelling mengunakan metode Naïve Bayes Classifier. Sistem ini memiliki terdiri dari inputan berupa data mentah dari hasil scrapping data.Data yang digunakan adalah data ulasan pelanggan dari laman BSI Mobile di Google Play Store lalu dilakukan preprocessing diantaranya ada casefolding, tokenization, stopwords removal, dan stemming, berikutnya dilakukan pembobotan dengan menggunakan TF-IDF lalu dilakukan modelling dengan menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier.Output dari sentimen analisis ini berupa pemisahan antara komentar positif dan negatif terkait aplikasi BSI Mobile berdasarkan ulasan pengguna, hal ini dapat menjadi bahan evaluasi untuk pengembang aplikasi BSI Mobile agar terus mengembangkan sistem mobile banking yang lebih baik lagi dan ramah pengguna. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan yaitu hasil evaluasi yang didapat, algoritma Naïve Bayes Classifier ini menghasilkan akurasi sebesar 83,22% dengan nilai polaritas positif 83%, negatif 9%, netral 8%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Evanita, S.Kom, M.Kom Dosen Pembimbing II: Aditya Akbar Riadi, S.Kom, M.Kom
Kata Kunci: Sentimen Analisis, BSI Mobile, Naïve Bayes Classifier, Google Play Store
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Jan 2024 19:00
Last Modified: 29 Jan 2024 19:00
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19995

Actions (login required)

View Item View Item