Efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based laerning (pbl) berbantuan math home application untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa

AFRIYANI, DEVITA (2023) Efektivitas penggunaan model pembelajaran problem based laerning (pbl) berbantuan math home application untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (926kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan Pemahaman Konsep. Proses pembelajaran secara langsung menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematos pada siswa. soal kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh skor rata- rata klasikal sebesar 50,5%. Untuk masing- masing indikator diperoleh rata-rata menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari 54,2%. Rata-rata mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika 47,9. Rata –rata menerapkan konsep secara algoritma, menyajikan konsep dalam berbagai macam representasi matematis dan mengaitkan berbagai konsep dalam matematika maupun di luar matematika memberikan 52,1.Rata-rata memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep 47,9. Nilai diatas tergolong cukup rendah, hal tersebut menunjukan kemampuan pemahaman matematis siswa rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa diakibatkan siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Menguji rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan math home application lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran secara langsung. 2) Menguji perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajarkan dengan model problem based learning berbantuan aplikasi math home dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung. 3) Menguji peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah penggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan math home application. Penelitian ini dilaksanakan SMA N 1 Gebog. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode the nonequivalent pretest posttest control group desaign dan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Subjek penelitian adalah kelas X T, populasi dari penelitian ini berjumlah 72 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi angket, dokumentasi, dan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan homogenitas, uji independent t test, uji N-Gain, dan uji paired Hasil dari penelitian ini menunjukaan 1). Rata-rata kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pbl berbantuan math home application lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran secara langsung. 2) terdapat rata-rata perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pbl berbantuan aplikasi math home meningkat 0,78 dengan kategori tinggi, sedangkan siswa yang diajar menngunakan pembelajaran secara langsung meningkat 0,37 dengan kategori sedang. 3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah mennggunakan model pbl berbantuan aplikasi math home

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Dr. Sumaji, M.Pd
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Math Home Application, Kemampuan Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Jan 2024 23:41
Last Modified: 30 Jan 2024 23:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20014

Actions (login required)

View Item View Item