Pengembangan modul bahasa indonesia berbasis canva apps untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar kabupaten pati

HIDAYATI, TRI FARUS (2023) Pengembangan modul bahasa indonesia berbasis canva apps untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas iv sekolah dasar kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini (1) menganalisis kebutuhan siswa terhadap modul Bahasa Indonesia saat pembelajaran di kelas IV sekolah dasar Kabupaten Pati, (2) mendeskripsikan desain modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar Kabupaten Pati, (3) mendeskripsikan kevalidan modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar Kabupaten Pati, dan (4) menganalisis keefektifan modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar Kabupaten Pati. Penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari Borg & Gall. Penelitian menggunakan 7 tahapan pengembangan dari Borg & Gall yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba lapangan, (5) penyempurnaan produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk akhir. Penelitian dilakukan di sekolah dasar tepatnya di gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Trangkil Pati. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara terstruktur kepada guru, angket validasi untuk ahli materi, ahli media dan respon siswa. Analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda dan uji tingkat kesukaran soal), uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (independent sample t-test, paired samples test dan uji n-gain). Hasil penelitian (1) dibutuhkan modul yang mampu melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV, (2) modul yang dikembangkan berupa modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps berisi mata pelajaran Bahasa Indonesia, 3) modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps layak digunakan untuk pembelajaran di kelas IV kurikulum merdeka, berdasarkan hasil validasi media sebesar 86% dengan kriteria sangat valid atau layak dan validasi ahli materi sebesar 82% dengan kriteria sangat valid atau layak, 4) terdapat efektifitas modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps. Efektifitas modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps berdasarkan hasil uji t pada 4.1.4 dengan t hitung > t tabel (6.582> 2,0244) dan uji secata luas peroleh nilai t hitung > t tabel atau 20.568 > 2,0010. dan sig hitung< 0,05. Simpulannya pengembangan modul Bahasa Indonesia berbasis canva apps layak dan efektif digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SD di Kabupaten Pati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd.
Kata Kunci: Modul Bahasa Indonesia, Canva Apps, berpikir kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:35
Last Modified: 31 Jan 2024 00:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20023

Actions (login required)

View Item View Item