Pengembangan media pop up book raja caraka untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara jawa kelas v sekolah dasar

KUMALA, DEVI (2023) Pengembangan media pop up book raja caraka untuk meningkatkan keterampilan membaca aksara jawa kelas v sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran di kebanyakan sekolah khususnya pada kelas V Sekolah Dasar yang cenderung Teacher center mengakibatkan pembelajaran monoton. Sehingga peneliti menciptakan sebuah inovasi media pembelajaran yaitu Pop Up Book Raja Caraka untuk meningkatkan keterampilan membaca Aksara Jawa Pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan media dalam pembelajaran Aksara Jawa, Untuk mendeskripsikan pengembangan media Pop Up Book Raja Caraka, dan untuk mengetahui keefektifan media Pop Up Book Raja Caraka. Media Pop Up Book merupakan media interaktif berbentuk tiga dimensi. Aksara Jawa merupakan Aksara turunan dari Aksara Brahmi yang dikembangkan ke dalam Aksara modern yang telah berkembang di Pulau Jawa. Keterampilan membaca Aksara Jawa merupakan aktivitas visual psikomotorik dimana sebuah symbol atau huruf diterjemahkan kedalam Bahasa lisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode penelitian dan pengembangan atau disebut Research and Development (RND). Model pengembangan yang telah dikembangkan oleh Dick and Carry yaitu ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian RND ini dilaksanakan di kelas V SDN Sumberagung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dari analisis kebutuhan media terhadap 23 siswa menyatakan 82% setuju. 2) Hasil pengembangan media diperoleh dari hasil validasi ahli materi memperoleh total skor 58% kategori cukup baik. Sedangkan validasi ahli media memperoleh total skor 73% kategori baik dan layak digunakan. 3) Hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain pada kelas kontrol tanpa penggunaan media sebesar 37% termasuk dalam kategori kurang efektif. Sedangkan hasil perolehan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dengan adanya perlakuan sebesar 70,763% dengan kategori cukup efektif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop Up Book Raja Caraka sangat dibutuhkan oleh siswa dan guru, media Pop Up Book Raja Caraka layak digunakan dan dikembangkan. Media Pop Up Book Raja Caraka cukup efektif digunakan. Guru diharapkan mampu mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, media Pop Up Book dapat menjadi alternative dalam pembelajaran Aksara Jawa, media Pop Up Book masih mungkin dikembangkan lebih banyak lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A, Dosen Pembimbing II: Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd,
Kata Kunci: Raja Caraka, Pop Up Book, Keterampilan Membaca, Aksara Jawa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 18:26
Last Modified: 31 Jan 2024 18:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20027

Actions (login required)

View Item View Item