DEWI, RAFSANJANI SHINTA (2023) Implementasi kurikulum merdeka melalui p5 dalam penguatan karakter siswa kelas iv sd negeri prawoto 02. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (563kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada tanggal 21 Juli 2023 di SD Negeri Prawoto 02, permasalahan yang ditemukan yaitu siswa masih kurang percaya diri dalam menjawab pertanyaan guru serta kuranya kerja sama dalam kelompok. Sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak hanya berfokus pada penyampaian materi saja tetapi juga memberikan menguatkan karakter pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasi dan faktor yang mempengaruhi P5 dalam penguatan karakter siswa kelas IV SD Negeri Prawoto 02. P5 atau projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan salah satu program dalam kurikulum merdeka yang bersifat pembelajaran kokurikuler sebagai upaya dalam pencapaian kompetensi serta karakter peserta didik. Pembelajaran P5 dalam kurikulum merdeka dirasakan sebagai salah satu upaya yang cukup efektif dalam mengembangkan karakter yang dimiliki oleh siswa agar mempunyai sikap dan sifiat sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman dengan reduksi data, display data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan kegiatan P5 di kelas IV dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan melalui kegiatan penanaman dan sosialisasi pembuangan sampah yang dilakukan siswa melalui beberapa alur kegiatan yang dilakukan mampu untuk menguatkan karakter kemandirian dan gotong-royong siswa. Namun hal tersebut tidak menutupi kemungkinan terjadinya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan P5. Faaktor pendukung meliuti kemampuan guru serta sarana dan prasarana, sedangkan untuk faktor penghambat meliputi kesiapan siswa dan buku pegangan untuk siswa yang terbatas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan P5 dapat menguatkan karakter kemandirian dan gotong-royong siswa. Dalam penguatan karakter tersebut terdapat indikator yang paling bagus adalah disiplin, sedangkan indikator karakter yang paling rendah adalah saling membantu. Serta terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi berjalannya kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Implementasi Kurikulum Merdeka, P5, Penguatan Karakter |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Jan 2024 18:32 |
Last Modified: | 31 Jan 2024 18:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20028 |
Actions (login required)
View Item |