Pengaruh penggunaan media ular tangga berbudaya lokal kudus (ulat buku) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn kelas vi sdn 1 bulungcangkring

ROISA, AMELIA (2023) Pengaruh penggunaan media ular tangga berbudaya lokal kudus (ulat buku) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ppkn kelas vi sdn 1 bulungcangkring. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Pendidikan merupakan segala proses yang berkaitan dengan belajar mengajar serta kebutuhan perangkat pembelajarannya. Salah satu yang berpengaruh dalam proses belajar adalah penggunaan media belajar kreatif dan inovatif yang akan berdampak pada hasil belajar, terlebih dengan mengkaitkan budaya lokal sebagai bagian dari medianya. Penggunaan media belajar terintegrasi dengan budaya lokal Kudus diterapkan pada mata pelajaran PPKn tema selamatkan makhluk hidup dilakukan sambil bermain menggunakan media ular tangga yang didesain dengan keragaman budaya lokal Kudus. Media belajar ular tangga ini disebut dengan Ulat BuKu (Ular Tangga Berbudaya Lokal Kudus). Media pembelajaran merupakan alat yg dapat digunakan untuk menyampaikan materi berkaitan dengan pembelajaran yang akan disampaikan oleh guru, dengan menggunakan media UlatBuKu guru dapat memberikan penjelasan secara konkret atau lebih nyata. Penggunaan media pembelajaran juga dapat menunjang adanya pembeljaran PAKEM (Pembelajaran yang Aktif, Kreatif dan menyenangkan). Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penerapan media Ulat BuKu dalam mata pelajaran PPKn, 2) menganalisis pengaruh penggunaan media Ulat BuKu terhadap hasil belajar siswa kelas enam pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Bulungcangkring dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VI yang keseluruhannya berjumlah 31 orang. Teknik sampel menggunakan random sampling, pengumpulan data dengan kuesioner, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t-tes dan uji N- Gain dengan bantuan software SPSS 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media pembelajaran Ulat BuKu dapat dilihat dari peningkatan hasil pretest ke posttest dan nilai t tes yang menunjukkan angka lebih kecil dari 0,05 dan berarti bahwa media permainan Ulat BuKu berpengaruh terhadap hasil belajar. Uji homogenitas menunjukkan nilai 0,320 yang berarti bahwa variabel homogen, uji normalitas menunjukkan angka 0,740 untuk pretest dan 0,634 untuk posttest yang menandakan bahwa data terdistribusi normal. Peningkatan hasil belajar siswa dari hasil posttest siswa menunjukkan peningkatan dan juga media pembelajaran cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil uji n gain yang menunjukkan angka 73,42 yang berarti bahwa penggunaan media pembelajaran dengan Ulat BuKu cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing II: M. Syffruddin Kuryanto, M. Or.
Kata Kunci: Media Ulat BuKu, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 18:48
Last Modified: 31 Jan 2024 18:48
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item View Item