Pengaruh rasio hutang, profit margin, ukuran perusahaan, diversifikasi, dan tingkat suku bunga terhadap financial distress (studi empiris pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2016-2021)

SEPTIANI, BETY WULAN (2023) Pengaruh rasio hutang, profit margin, ukuran perusahaan, diversifikasi, dan tingkat suku bunga terhadap financial distress (studi empiris pada perusahaan sektor aneka industri yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2016-2021). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstrak

Fenomena banyaknya manufaktur yang terdaftar di BEI mengalami pailit atau kebangkrutan tersebut dapat dikatakan mengalami kondisi financial distress sehingga dapat terancam de-listing. Pengamatan terhadap kerugian yang besar bagi berbagai pihak memunculkan pemikiran bahwa perlu dilakukan peramalan kesulitan keuangan agar dapat mengidentifikasi secara dini kondisi-kondisi yang menyebabkan terjadinya kebangkrutan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh rasio hutang, profit margin, ukuran perusahaan, diversifikasi, dan tingkat suku bunga terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016-2021. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2021 yang berjumlah 123 perusahaan. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 12 perusahaan dengan 6 tahun unit analisis. Variabel bebas penelitian ini yaitu rasio hutang, profit margin, ukuran perusahaan, diversifikasi, dan tingkat suku bunga sedangkan variabel terikat adalah financial distress. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder melalui laporan keuangan tahunan dari www.idx.co.id. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier bergandra. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel rasio hutang, ukuran perusahaan, dan diversifikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2021. Sedangkan variabel profit margin dan tingkat suku bunga berpengaruh negatif terhadap financial distress pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2021.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Aprilia Whetyningtyas, S.E., M.Si, Dosen Pembimbing 2: Dennyca Hendriyanto, S.E., M.Si,
Kata Kunci: Rasio Hutang, Profit Margin, Ukuran Perusahaan, Diversifikasi, Suku Bunga, Financial Distress
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik > Akuntansi publik. Audit
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 23:49
Last Modified: 31 Jan 2024 23:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20044

Actions (login required)

View Item View Item