Pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (ptsl) dalam upaya mewujudkan tertib administrasi pertanahan di kantor pertanahan kabupaten jepara

BUDIARGO, ACUN CAHYO (2023) Pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (ptsl) dalam upaya mewujudkan tertib administrasi pertanahan di kantor pertanahan kabupaten jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DALAM UPAYA MEWUJUDKAN TERTIB ADMINISTRASI PERTANAHAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN JEPARA” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap dalam upaya mewujudkan tertib administrasi pertanahan di kantor Pertanahan Kabupaten Jepara dan hambatan-hambatan serta upaya dalam pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap dalam upaya mewujudkan tertib administrasi pertanahan di kantor Pertanahan Kabupaten Jepara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dalam upaya mewujudkan tertib administrasi pertanahan di kantor Pertanahan Kabupaten Jepara, apabila ditinjau dari keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 227/KEP-7.1/VI/2012, indikator unsur yang belum terpenuhi yaitu pada unsur standar operating procedur, dan petunjuk teknis kegiatan yang belum berjalan secara maksimal, dikarenakan terbatasnya sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan petugas yang belum maksimal dalam memahami juknis tersebut. Selain itu berdasarkan Tap MPR Nomor IV/MPR/1978 belum memenuhi unsur mempercepat proses pelayanan. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dalam upaya mewujudkan tertib administrasi pertanahan di kantor Pertanahan Kabupaten Jepara, yaitu terdiri dari terbatasnya sumber daya manusia pada satgas yuridis, terbatasnya sarana dan prasarana pada peralatan digital, kurangnya kesadaran masyarakat, dan kebijakan tentang PTSL yang sering berubah-ubah. Upaya dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut yaitu melibatkan masyarakat dan perangkat desa agar dapat membantu kegiatan PTSL, memaksilmalkan sosialisi PTSL ke masyarakat, serta mengadakan bimbingan teknis secara berskala kepada para penyelenggara PTSL.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Anggit Wicaksono, S.H., M.H. Dosen Pembimbing 2: Lidya Christina W., S.H., M.H., M.Kn.
Kata Kunci: Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Tertib Administrasi Pertanahan, Pendaftaran Tanah
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Feb 2024 00:07
Last Modified: 07 Feb 2024 00:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20167

Actions (login required)

View Item View Item