Implementasi standar pelayanan dan pengaturan pertanahan dalam pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik di kantor pertanahan kabupaten jepara

WAHYUNINGRUM, SITI (2023) Implementasi standar pelayanan dan pengaturan pertanahan dalam pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik di kantor pertanahan kabupaten jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul “IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN DAN PENGATURAN PERTANAHAN DALAM PENDAFTARAN TANAH PERTAMA KALI SECARA SPORADIK DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN JEPARA” ini secara umum bertujuan untuk mengetahui implementasi pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik pada kantor pertanahan Kabupaten Jepara tidak yang sesuai dengan standar pelayanan dan pengaturan pertanahan, serta mengetahui kendala-kendala dan upaya dalam pelaksanaan pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik pada kantor pertanahan Kabupaten Jepara. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan data primer dan sekunder. Setelah data diperoleh, maka disusun secara sistematis dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif, sehingga diperoleh kejelasan mengenai permasalahan yang dibahas dan selanjutnya disusun sebagai skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan implementasi pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik pada kantor pertanahan Kabupaten Jepara tidak sesuai dengan standar pelayanan dan pengaturan pertanahan, karena apabila ditinjau dari UU Pelayanan Publik dan Perka BPN No. 1 Tahun 2010, belum memenuhi standar pelayanan, yaitu pada unsur waktu penyelesaian, mengatur jangka waktu 98 hari, namun pelaksanaanya lebih dari 98 hari. Hal ini disebabkan karena volume pendaftaran tanah pertama kali yang banyak, kurangnya sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana back office yang belum mewadai. Dan kendala-kendala dalam pelaksanaan standar pelayanan dan pengaturan pertanahan dalam pelayanan pendaftaran tanah pertama kali secara sporadik pada kantor pertanahan Kabupaten Jepara dihadapkan dengan beberapa faktor yaitu, kurangnya sarana dan prasana, banyaknya volume pekerjaan, panitia A yang susah mengatur waktu, kurang lengkapnya berkas pemohon, pemohon yang tidak hadir di lokasi tanah yang di daftarkan, kepala desa susah di temui. Upaya untuk mengatasi hal tersebut, yaitu menambah jumlah staff, menambah dan memaksimalkan sarana dan prasarana, serta memaksimalkan sosialisasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Bapak Anggit Wicaksono, SH., MH. Dosen pembimbing II: Ibu Lidya Christina W.,S.H., M.H., M.Kn.
Kata Kunci: Pendaftaran Tanah Pertama Kali, Pendaftaran Tanah Sporadik, Standar Pelayanan dan Pengaturan Tanah
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 12 Feb 2024 00:22
Last Modified: 12 Feb 2024 00:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20179

Actions (login required)

View Item View Item