Hubungan antara pemujaan selebriti dan ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dengan adiksi media sosial pada remaja penggemar k-pop

ROSYIDAH, LILIK (2023) Hubungan antara pemujaan selebriti dan ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dengan adiksi media sosial pada remaja penggemar k-pop. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemujaan selebriti dan ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dengan adiksi media sosial pada remaja penggemar K-Pop. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja penggemar K-Pop. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria usia 12-23 tahun, kisaran penggunaan media sosial 3-6 jam dalam sehari serta tergabung dalam fandom. Penelitian ini melibatkan 212 responden pada uji coba serta 188 responden. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pemujaan selebriti, skala ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dan skala adiksi media sosial. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel tersebut sebesar 0.502 dengan p sebesar 0.000 (p<0.01) artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pemujaan selebriti dan ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dengan adiksi media sosial. Hasil uji mayor penelitian ini diterima, dengan sumbangan efektif sebesar 25%. Hasil koefisien korelasi antara pemujaan selebriti dengan adiksi media sosial sebesar 0.284, p sebesar 0.000 (p<0.01) artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara pemujaan selebriti dengan adiksi media sosial. Hasil uji mayor penelitian ini diterima, dengan sumbangan efektif sebesar 8,1% dan koefisien korelasi antara ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dengan adiksi media sosial sebesar 0.421, p sebesar 0.000 (p<0.01) artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara ketakutan terhadap ketertinggalan informasi dengan adiksi media sosial. Hasil uji mayor penelitian ini diterima, dengan sumbangan efektif sebesar 17,7%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: Latifah Nur Ahyani, S.Psi, M.A.
Kata Kunci: Adiksi Media Sosial, Pemujaan Selebriti, Ketakutan terhadap Ketertinggalan Informasi.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi > Filsafat yang berhubungan dengan topik lain
Program Studi: Fakultas Psikologi > Ilmu Psikologi (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Feb 2024 18:41
Last Modified: 15 Feb 2024 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20237

Actions (login required)

View Item View Item