Analisis kesalahan siswa kelas iv sd n 5 klumpit dalam menyelesaikan soal matematika bangun datar berdasarkan teori nolting

Ramadhan, Adella Fernanda Rizky (2023) Analisis kesalahan siswa kelas iv sd n 5 klumpit dalam menyelesaikan soal matematika bangun datar berdasarkan teori nolting. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Matematika merupakan bidang studi yang kerap digunakan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan belajar matematika dapat diukur dari tingkat penguasaan materi dan pemahaman konsep yang dimiliki siswa. Kurangnya pemahaman konsep dapat mengakibatkan siswa sering melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bangun datar berdasarkan teori Nolting pada kelas IV SDN 5 Klumpit. Pengelompokkan jenis-jenis kesalahan siswa berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Nolting dikelompokkan menjadi 4 yaitu: (1) Careless error yaitu kesalahan kecerobohan; (2) Concept error yaitu kesalahan konsep; (3) Application error yaitu kesalahan penerapan; dan (4) Test taking error yaitu kesalahan pada saat mengerjakan soal. Penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif naratif dimana hasil data diperoleh dari soal dokumentasi hasil tes dan wawancara siswa. Dipilih 6 subjek penelitian dengan masing-masing 2 siswa dengan nilai hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Yang diwawancarai untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi bangun datar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling banyak terjadi adalah kesalahan careless errors (Ca) kesalahan karena kecerohohan siswa, faktor penyebabnya adalah siswa kurang teliti dan tergesa-gesa saat mengerjakan soal. Selanjutnya yakni kesalahan concept errors (Co) atau kesalahan konsep, faktor penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep keliling dan luas bangun datar. Kesalahan terbanyak ketiga yakni application error (Ap) atau kesalahan penerapan, penyebabnya adalah siswa hanya menghafal rumus tanpa memahami simbol dan arti dalam dalam rumus tersebut. Kesalahan yang paling sedikit siswa lakukan adalah test taking errors (Te) yakni kesalahan saat mengerjakan soal. Penyebabnya adalah siswa tidak paham dengan hal yang ditanyakan soal, tidak melanjutkan penyelesaian soal karena bingung dengan langkah selanjutnya untuk menyelesaikan soal. Peran guru dalam mambantu siswa sangat diperlukan guna meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa, sebab materi bangun datar ini merupakan materi dasar dari materi selanjutnya yakni materi bangun ruang. Perlunya evaluasi dan penguatan terhadap materi yang diajarkan membantu siswa dalam mengoptimalkan hasil belajarnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Bangun Datar, Teori Nolting
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2024 19:34
Last Modified: 18 Feb 2024 19:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20271

Actions (login required)

View Item View Item